30 April 2015

Renungan Hari Senin 4 Mei 2015

Renungan Hari Senin 4 Mei 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 4 Mei 2015


Bahagia Karena Roh


"Penghibur, yaitu Roh Kudus, yang akan diutus oleh Bapa dalam nama-Ku, Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepadamu dan akan mengingatkan kamu akan semua yang telah Kukatakan kepadamu (Yoh 14:26)."

    Manusia adalah makhluk ciptaan Allah. Saya rasa, kita sebagai orang beriman setuju akan pernyataan di atas. Tanpa setuju akan pernyataan di atas, kita tidak akan bisa beriman kepada Dia yang menciptakan kita.

    Ketika manusia diciptakan, Allah telah mengutus Roh Kudus-Nya untuk menemani dan tinggal dalam diri manusia. Karena Roh Kudus hadir, maka manusia memiliki kebaikan dalam dirinya. Allah telah memberi benih kebaikan sejak kita lahir. Benih itu dapat berkembang dalam diri kita.

    Tapi dalam perjalanan waktu, kita sering mengabaikan benih kebaikan yang sudah ditaburkan dalam diri kita. Padahal Roh Kudus dapat berbuat banyak bagi kita. Dia bisa menghibur kita ketika kita sedih. Dia bisa memberi kita semangat dalam kelesuan, dan Diajuga bisa membuat kita tersenyum kendati kita dalam keadaan susah.

    Dalam Injil hari ini, Yesus sendiri telah menjanjikan Roh Kudus kepada para Rasul-Nya. Namun Yesus tidak hanya berhenti pada janji-Nya kepada para Rasul-Nya, tapi juga kepada kita. Kita juga dijanjikan oleh-Nya Roh Kudus, sebagai Roh Penghibur.

    Roh itu sungguh bekerja dalam diri kita ketika kita hidup sesuai dengan kehendak Allah. Ketika kita melakukan kehendak-Nya, Allah akan datang kepada kita dan tinggal bersama dengan kita. Ketika itu terjadi, kita akan memperoleh kebahagiaan yang sempurna dan kekal bersama Dia. Kebahagiaan itu akan menjadi kebahagiaan sejati, bukan kebahagiaan semu yang ditawarkan oleh dunia.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon