20 May 2015

Renungan Hari Minggu 24 Mei 2015

Renungan Hari Minggu 24 Mei 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 24 Mei 2015


Hidup dalam Roh Kudus


    Hari ini kita merayakan bersama Hari Raya Pentakosta. Pentakosta berasal dari bahasa Yunani: pentekoste artinya hari ke-50. Jadi dapat dipahami bahwa Pentakosta adalah hari raya memperingati turunnya Roh Kudus atas para rasul, yang dirayakan oleh Gereja pada hari ke-50 sesudah paskah, hari kebangkitan Yesus.

    Dalam bacaan pertama dari kisah para rasul digambarkan bagaimana Roh Kudus itu turun atas para rasul: ketika mereka sedang berkumpul di suatu tempat tiba-tiba datang tiupan angin yang  sangat kencang kemudian tampaklah kepada mereka Roh Kudus dalam bentuk lidah-lidah api yang menyala dan hinggap kepada mereka masing-masing. Selanjutnya mereka mulai berkata-kata tentang karya besar Allah.

    Di jaman ini dalam kehidupan sehari-hari mungkin kita tidak akan pernah menjumpai hal seperti ini. Kalaupun ada mungkin orang yang melihatnya ataupun mendengarnya akan sulit mempercayainya karena sungguh tidak masuk akal. Bagi orang yang tidak percaya mungkin mereka akan berpikir bahwa tentu Roh Kudus dalam bentuk api itu akan membakar para murid Yesus. Dan hal itu tentu bisa membunuhnya. Namun bagi kita sebagai pengikut Kristus akan percaya bahwa memang Roh Kudus itu memang akan membakar kita. Jiwa kitalah yang dibakar oleh-Nya. Roh Kudus membuat hati kita menyala, menumbuhkan semangat dalam hidup untuk mewartakan karya agung yang telah dilakukan Allah dalam hidup kita. Sungguhkah kita percaya akan Roh Kudus berkarya dalam hidup kita? Sudahkah kita terbuka akan kehadiran Roh Kudus itu? Selamat bermenung.