09 May 2015

Renungan Hari Rabu 13 Mei 2015

Renungan Hari Rabu 13 Mei 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 13 Mei 2015


Bersaksi di Hadapan Publik


    Saudara-saudari, bacaan pertama hari ini memaparkan sikap Paulus di Atena, di tengah bangsa Yunani. Paulus pada waktu itu berdiri di Areopagus (tempat persidangan dewan kota. Dewan ini berasal dari orang-orang terpandai atau terpandang di kota Atena). Sebagai utusan, Paulus memberi kesaksian dengan berkata-kata tentang Yesus Kristus. Paulus memaparkan kesaksian itu dengan berapi-api dan penuh keberanian. Ia dengan lantang mewartakan karya keselamatan Allah kepada mereka yang belum mengenal-Nya.

    Pewartaan Paulus bukanlah berasal dari dirinya sendiri. Paulus memiliki semangat berapi-api dan penuh keberanian terutama karena perutusan yang ia terima. Lalu, siapa yang mengutusnya? Bacaan Injil hari ini memberi jawaban atas pertanyaan itu. Apa maksudnya? Bacaan Injil memaparkan berbagai tugas dari Roh Kebenaran. Salah satu tugas itu ialah menuntun orang kepada kebenaran. Roh itu dijanjikan oleh Yesus bagi para Rasul sebelum Yesus meninggalkan mereka. Sebagai orang yang dipanggil dan dipilih Yesus, Paulus kiranya juga telah dikuasai oleh Roh itu.

    Roh Kebenaran yang diterima Paulus adalah pemberian Yesus Kristus. Roh itu telah menampukan Paulus untuk berbuat: mewarta kebenaran Allah, memberitakan masa depan (bandingkan dengan warta kebangkitan pada Kis 17:31), dan memuliakan Yesus Kristus. Roh itu telah membimbingnya sedemikian rupa.

    Saudara-saudari, masing-masing dari kita telah menerima Roh Kebenaran itu. Sekarang tinggal kita sendiri yang akan mengambil sikap atas dorongan Roh Kebenaran. Akankah kita mau dan mampu memberi kesaksian tentang karya keselamatan Allah dalam Yesus Kristus sebagaimana Paulus bersaksi? Wujud kesaksian seperti apa yang dpat kita buat? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon