28 May 2015

Renungan Hari Senin 1 Juni 2015

Renungan Hari Senin 1 Juni 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Senin 1 Juni 2015

Ancaman

    Hari ini Gereja kita memperingati Santo Yustinus Martir. Ia seorang awam yang akhirnya menyandarkan iman kepada Yesus Kristus. Setelah sekian lama Yustinus menimbang-nimbang pencariannya akan Allah, akhirnya ia memberanikan diri untuk menjadi warga Gereja dengan menerima sakramen baptis. Rahmat baptisan yang diterimanya dibagikan kepada banyak orang. Sebagai kaum awam ia tetapgigih mewartakan Injil ke berbagai tempat. Kegigihannya itu membuat pemerintah Roma iri. Ia dijebloskan ke dalam penjara. Ia dapat dibebaskan apabila ia mau menyangkal imannya. Namun Yustinus tetap gigih mempertahankan imannya. Akhirnya ia dihukum pancung pada tahun 165.

    Sabda Tuhan hari ini menyapa kita lewat sebuah perumpamaan. Yesus berusaha menyadarkan orang-orang yang ingin menangkap-Nya. Ia ingin agar mereka membuka pikirannya bahwa yang mereka lakukan adalah kurang benar. Namun kebebalan hati mereka tetap membuat mereka berpegang teguh pada sikap kecemburuan. Bahkan segera setelah perumapamaan itu diwartakan mereka ingin menangkap Yesus. Suatu niat yang tidak terpuji timbul di hati mereka. Namun karena Yesus berada di tengah-tengah keremunan warga, mereka tidak dapat menangkap Yesus dan membiarkan Dia pergi.

    Ancaman mungkin sering hadir di sekitar kita. Namun ancaman yang terjadi karena kita berbuat baik tidak akan melemahkan semangat kita untuk menghadapi ancaman itu.Hari ini, melalui Yustinus Martir dan Injil, kita diajak untuk menghadapi ancaman yang hadir di sekeliling kita. Namun sebelumnya kita juga harus mengenal penyebab dari ancaman itu, apakah ancaman itu terjadi karena kesalahan kita atau karena keirihatian orang lain terhadap kita yang berbuat baik. Kita yakin bahwa nacaman yang timbul karena keirihatian orang lain akan dapat diatasi lewat bantuan Roh Kudus. Selamat bermenung.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon