29 June 2015

Renungan Hari Jumat 3 Juli 2015

Renungan Hari Jumat 3 Juli 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Jumat 3 Juli 2015

Percayalah

    Pada hari ini, kita merayakan Pesta Santo Thomas. Ia adalah salah satu dari para rasul yang dipilih oleh Yesus semasa hidup-Nya. Cerita tentang ketidakpercayaannya dikisahkan dalam Injil hari ini. Ia tidak percaya akan kebangkitan Yesus meskipun ia mendengar dari para murid yang lain. Ia tidak percaya sebelum dia melihatnya secara langsung dan mencucukkan tangan pada lambung Yesus yang dulu ditikam ketika peristiwa penyaliban.

    Santo Thomas begitu keras kepala kendati taman-tamannya bersaksi kepadanya. Dia tetap bersikeras dengan pendiriannya. Lalu Yesus datang secara tiba-tiba. Yesus memperlihatan bahwa diri-Nya telah bangkit danmenyuruh Thomas untuk mencucukkan jarinya ke luka bekas tombak. Thomas akhirnya percaya. Dia mengamini kebangkitan Yesus. Yesus datang sebagai pelita dalam kedegilan hati Thomas. Yesus hadir membawa sukacita yang mendamaikan.

    Thomas percaya dan berkata, "Ya Tuhanku dan Allahku." Pengakuan Thomas ini kemudian menjadi pengakuan iman kita juga sebagai orang Katolik. Kita mengakui bahwa Yesus adalah Tuhan yang hidup sebagai manusia, menderita, wafat, dan bangkit, mengalahkan kuasa maut.

    Thomas percaya kepada Yesus yang bangkit. Namun dia tidak hanya berhenti pada percaya saja. Dia percaya dan mewartakan Yesus yang bangkit. Bahkan ia mewartakan kabar sukacita hingga ke India. Thomas percaya dan memperjuangkan kepercayaannya itu hingga wafat sebagai martir. Dia wafat bagi Yesus yang diimaninya dan yang akan membangkitkannya pada akhir zaman.

    Mari kita juga percaya dan mewartakan Dia yang telah bangkit. Kendati tidak melihat, kita tetap percaya. Berbahagilah kita yang tidak melihat namun percaya.

Tuhan, semoga aku selalu percaya kepada-Mu dan penyelenggaraan-Mu dan mewartakan Engkau lewat perbuatanku sehari-hari. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon