07 June 2015

Renungan Hari Kamis 11 Juni 2015

Renungan Hari Kamis 11 Juni 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Kamis 11 Juni 2015


Pergilah dan wartakanlah Injil


    Hari ini Gereja merayakan Pesta Santo Barnabas, Rasul. Ia berasal dari Siprus, keturunan bangsa Yahudi dari suku Lewi. Ia bersedia menerima nama baru "Barnabas" yang artinya "Putera Penghibur". Nama itu diberikan para Rasul untuk menggantikan nama aslinya, yaitu Yosef. Ia dikenal sebagai teman seperjalanan Paulus. Pada misi penyebaran Injil yang pertama bersama Paulus di Asia kecil, mereka mempertobatkan banyak orang. Tetapi sebaliknya mereka juga mengalami banyak penderitaan demi Injil Kristus. Bahkan nyawa menjadi taruhannya. Akan tetapi Barnabas percaya akan penyertaan Roh Kudus dalam tugas pewartaan Injil. Barnabas menemui ajalnya setelah dirajam oleh orang-orang Yahudi di Salamis.

    Bacaan Injil hari ini berbicara tentang perintah Yesus untuk mewartakan Injil kepada semua orang. Dalam tugas pewartaan ini Yesus berpesan agar para murid tidak membawa bekal yang banyak: emas, perak, baju dua helai, dan kasut. yesus meminta para murid supaya jangan mengkhawatirkan hal-hal duniawi tetapi hendaknya tergantung pada kebaikan hati para pendengarnya. Mereka harus senantiasa mempercayakan diri pada Penyelenggaraan Ilahi dan kepada keyakinan bahwa apa yang diterima secara cuma-cuma hendaknya diberikan secara cuma-cuma. Santo Barnabas yang kita rayakan hari ini mengajari kita untuk senantiasa percaya akan Penyelenggaraan Ilahi, percaya kepada bimbingan Roh Kudus. Allah yang telah memanggil dan mengutus hamba-Nya. Ia tidak akan membiarkan hamba-Nya berjalan seorang diri.

    Saudara-saudari, mari kita belajar dari Santo Barnabas yang senantiasa percaya akan Penyelenggaraan Ilahi dan percaya pada tuntunan Roh Kudus. Mari bermenung, apakah asaya sudah mempercayakan diri seutuhnya pada Penyelenggaraan Ilahi dan bimbingan Roh Kudus? Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon