13 July 2015

Renungan Hari Jumat 17 Juli 2015

Renungan Hari Jumat 17 Juli 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Jumat 17 Juli 2015

Hukuman

    Hukuman sering hadir di sekitar hidup kita, bik hukuman yang terkecil sampai hukuman yang besar. Jika kita melihat tayangan televisi, kita akan sering melihat dan menyaksikan orang-orng yang dihukum karena berbagai pelanggaran dalam negara. Hukuman itu untuk semua kalangan, tanpa kecuali. Banyk kasus yang dapat kita lihat yang menyebabkan seseorang itu dihukum, seperti: kasus narkoba, korupsi, atau pelanggaran-pelanggaran lain yang dapat merugikan orang lain. Selain itu baiklah jika kita mencermati keadaan di ekitar kita  yang ada hubungannya dengan hukuman. Apakah kehidupan di sekitar kita penuh dengan hukuman dan penghukum?

    Firman Tuhan hari ini mengajak kita untuk berhati-hati dengan hukum dan menghukum. Yesus memperingatkan orang-orang Farisi untuk melihat secara cermat mengenai hukum. Janganlah kita menghukum orang yang tidak bersalah. Yang perlu diperhatikan adalah tentang kehendak Yesus yaitu belas kasihan. Belas kasihan menjadi dasar dari setiap hukum.

    Saudara-saudari terkasih, kita diajak untuk mendasarkan setiap hukum pada belas kasih. pendasaran itu untuk mengantisipasi akan terjadinya penghukuman terhadap orang yang tidak bersalah. Apakah hal ini juga sudah terjadi di lingkungan kita, terutama di keluarga kita? Anak-anak yang mendapat nilai kurang baik di sekolah karena malas belajar, tidak serta-merta membuat orangtua berhak menghukum anak tersebut. Namun atas dasar belas kasih orangtua wajib dengan tekun mengajari anak tersebut. Selamat bermenung.

Ya Tuhan, ajarilah hamba-Mu ini untuk selalu berpegang teguh pada belas kasih. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon