28 July 2015

Renungan Hari Sabtu 1 Agustus 2015

Renungan Hari Sabtu 1 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Sabtu 1 Agustus 2015


Ikut ambil bagian


    Setiap tanggal 1 Agustus, Gereja memperingati St. Alfonsus Maria de Liguori (1696-1787). Ia telah memberi banyak sumbangan kepada Gereja dengan pelayanannya sebagai Uskup, Pujangga Gereja, ahli Teologi Moral, dan pendiri kongregasi Redemptoris (artinya Sang Penebus). Pengalaman sebagai seorang advokat memudahkannya untuk berbicara di depan umum. Setelah mempunyai gelar doktor di bidang hukum, ia memutuskan untuk menjadi seorang imam. Kotbahnya yang berapi-api dan kepiawaiannya untuk mewartakan Sabda Allah membuat Alfonsus sangat disukai banyak orang. Pada usianya yang ke 66 tahun, ia diangkat menjadi seorang uskup. Karyanya juga dituangkan dalam berbagai tulisan yang beredar luas.

    Kegigihan Alfonsus dalam mewartakan Sabda Tuhan juga tercermin dalam Injil yang kita baca hari ini. Yohanes pembaptis adalah seorang yang gigih dalam mewartakan Sabda Allah. Namun kegigihannya itu tidak disenangi oleh Herodes dan Herodias karena ia menegur dengan keras perbuatan buruk mereka. Sampai akhirnya, ia harus dipenggal.

    Dua tokoh besar dalam Gereja kita dengarkan hari ini, yaitu Alfonsus Liguori dan Yohanes Pembaptis. Keduanya berperan dalam kehidupan Gereja di masanya. Hal ini tentunya juga ingin mengajak kita untuk ikut berpartisipasi dalam kehidupan Gereja zaman ini. Berbagai bentuk dapat kita lakukan untuk menunjukkan partisipasi kita dalam mewartakan Sabda Allah. Sudahkah kita ikut ambil bagian dalam karya ini? Selamat bermenung.

Tuhan ajarilah aku untuk dapat ambil bagian dalam kehidupan Gereja-Mu. Amin.


1 komentar so far

Terima kasih atas renungan harian katolik pada tanggal 1 agustus 2015, hari ini saya bertugas untuk memimpin ibadah pada rukun kami Rukun 5 Stasi St. Yakobus Perumnas Paroki St Yoseph Ohoijang Keuskupan Amboina.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon