Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

10 July 2015

Renungan Hari Selasa 14 Juli 2015

Renungan Hari Selasa 14 Juli 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 14 Juli 2015


Marah Karena Kasih


    Ketika membaca perikop Injil hari ini, saya teringat masa kecil. Saya sering dimarahi ibu karena kenakalan saya. Saya sering protes, kenapa saya sering dimarahi, sedangkan kakak perempuan hampir tidak pernah dimarahi.

    Ketika saya masuk ke seminari, saya mencoba mengingat-ingat masa lalu itu, lalu merenungkan dan merefleksikannya. Dalam permenungan itu, saya sadar bahwa ibu saya sering marah kepada saya bukan karena dia benci kepada saya atau lebih menyayangi kakak perempuan saya. Namun karena dia sangat menyayangi saya.

    Ibu tidak pernah memarahi saya tanpa alasan yang jelas. Dia marah demi kebaikan saya. Dia melakukan itu karena dia ingin supaya saya bisa menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya. Marahnya itu didasari oleh kasihnya kepada saya sebagai darah dagingnya.

    Pada Injil hari ini, Yesus mengecam beberapa kota. Yesus terlihat marah dalam perikop Injil hari ini. Itu terlihat dari kata-kata yang diucapkan-Nya. Namun yang jelas bahwa Yesus marah bukan tanpa alasan. Yesus marah karena Dia mengasihi orang-orang di kota itu. Yesus mau supaya mereka bertobat dan memperoleh keselamatan.

    Kita, dalam menanggapi peristiwa yang tidak mengenakkan sering hanya bisa mengeluh saja. Pada hal dalam peristiwa itu, ada nilai yang ingin ditanamkan dan diperjuangkan. Kita semua diajak untuk merefleksikan segala peristiwa yang tidak mengenakkan itu dalam terang Allah, sehingga kita juga bisa mengambil sisi positif dari peristiwa itu.

Tuhan, ajarilah aku untuk melihat segala hal secara positif. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon