Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

31 July 2015

Renungan Hari Selasa 4 Agustus 2015

Renungan Hari Selasa 4 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 4 Agustus 2015


Menghidupi Karunia-Nya


    Romo Vianney diutus oleh uskupnya  ke desa kecil dan terpencil di Perancis bernama Ars di Perancis. Ia ditugaskan di tempat tersebut karena uskupnya sangat meragukan kemampuan intelektualnya. Romo Vianney sendiri menyadari kelemahannya itu, maka ia dengan sepenuh hati mengembangkan hidup rohaninya. Akhirnya, ia sungguh menjadi bapa spiritual yang dicari dan ditelandani oleh banyak orang. Tetapi, meski begitu ia tetap rendah hati dan percaya bila semua yang ia miliki adalah karunia Allah.

    Saudaraku, kita pun dikaruniai Allah suatu kemampuan tertentu. Di samping kemampuan yang diberi oleh-Nya, tentu ada pula kelemahan yang kita miliki. Sering, orang lain lebih memberi perhatian atas kelemahan yang ada pada diri kita. Bila demikian, apakah kita bimbang, takut, dan kecil hati sehingga kelebihan yang kita miliki hilang perlahan ditelan gelombang sindiran, cibiran, dan sikap meremehkan dari orang lain?

    Saudaraku, hari ini kita dapat belajar dari dua tokoh Gereja yaitu Petrus dan Romo Yohanes Maria Vianney. Pertama, Peturs dalam Injil dikaruniai  kemampuan luar biasa yaitu berjalan di atas air, namun gelombang sedikit saja meruntuhkan kepercayaan dirinya sehingga karunia itu lenyap. Dari Petrus, kita belajar untuk tetap bertahan dan percaya meski gelombang kehidupan menerjang kita. Kedua, Romo Vianney dikaruniai kesucian yang luar biasa meski pengetahuannya tidak begitu baik. Romo Vianney tidak malu diremehkan, direndahkan, bahkan dihina karena kekurangtahuannya akan ilmu-ilmu. Ia tetap memegang apa yang dikaruniakan padanya, yaitu hidup suci. Di tengah gelombang ucapan meremehkan, ia tetap "berjalan di atas air" dan akhirnya tetap kudus hingga akhir hidup.

    Apa kemampuan yang dikaruniakan Tuhan kepadaku? Hidupilah itu dan bangun kepercayaan berdasarkan hal positif dalam diri kita.


1 komentar so far

This comment has been removed by a blog administrator.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon