10 August 2015

Renungan Hari Jumat 14 Agustus 2015

Renungan Hari Jumat 14 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 14 Agustus 2015


Ketegaran Hati


    Saat musim dingin, sepasang landak (hewan dengan rambut tebal dan berduri tajam) ingin saling menghangatkan. Mereka berusaha untuk merapatkan tubuh, tapi duri-duri tajam membuat mereka saling melukai hingga terpaksa memisahkan diri. Setelah berkali-kali dan beberapa waktu mencoba, merapat dan menjauh, keduanya menemukan jarak yang tepat dan kehangatan mulai didapatkan.
    Carlos G. Valles memaknai secara mendalam cerita di atas. Ia menjelaskan bahwa kehidupan landak mengandung berbagai hal kehidupan pasang suami-istri (pasutri): coba dan gagal, luka dan kelegaan, kekhawatiran dan kenyamanan. Barangkali, banyak pasutri tidak serta-merta dipenuhi dengan kebahagiaan, kasig sayang, dan cinta. Penyebab utama semua itu ialah ketegaran hati. Intinya, ketegaran hati telah merusak hubungan harmonis pasutri.

    Hari ini Yesus mengajak para pasutri untuk kembali menjaga keharmonisan rumah tangga. Yesus menegaskan bahwa salah satu penyebab perpecahan dalam rumah tangga ialah ketegaran hati. Ketegaran hati telah membuat orang hanya memaksa kehendak pribadi serta mementingkan dirinya sendiri. Saudara-saudari yang terkasih, Yesus mengajak kita untuk membuang ketegaran hati. Biarlah kehangatan, sukacita, kasih sayang, dan cinta senantiasa menghiasi kehidupan keluarga. Yesus tidak akan meninggalkan kita terluka, sedih, sakit, dan tanpa pengharapan. Yesus akan membantu kita untuk terbuka, rendah hati, pengertian dan memahami, sehingga saling mengaetahui kebutuhan.

    Saudara-saudari yang terkasih, mari belajar dari St. Maksimilianus Mari Kolbe yang kita peringati hari ini. Sebagai biarawan, ia mengerti kebutuhan orang lain. Ia rela menggantikan hukuman yang ditimpakan bagi orang lain. Saat ini, bagaimana penghayatan bagi pasutri? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon