31 August 2015

Renungan Hari Jumat 4 September 2015

Renungan Hari Jumat 4 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Jumat 4 September 2015


Hidup yang Senantiasa Diperbaharui


    Kita bisa menarik sebuah permenungan perjuangan setiap hari yang dilakukan matahari. Perjuangan saat menerobos celah-celah mendung, perjuangan dalam lintasan, dan kesetiaannya untuk bersinar setiap hari dapat kita jadikan inspirasi bahwa hidup kita selalu diperbaharui walaupun nampaknya mengalir begitu saja.

    Saudaraku, Injil hari ini mengulas tentang sesuatu yang lama dan yang baru yang dilambangkan dengan kain dan tempat anggur. Pola kehiduapan kita pun tak jarang mirip dengan perumpamaan dalam Injil. Ketika tidak ada kemauan untuk memperbaharui diri dan keterbukaan untuk memandang setiaphal atau waktu itu baru, kita sudah jenuh dalam pola lama itu. Tidak tepatlah jika kantong anggur yang lama dan koyak ditambal dengan kain yang baru, justru akan merusk dan membuat anggur segar itu tertumpah.

    Bagaimana dengn pribadi Yesus? Yesus lahir di tengah pola Yahudi, berkembang dengan pola upacara-upacara yang ada baik aturan, tradisi dan sebagainya. Hidup Yesus adalah hidup yang senantiasa dibaharui semangat Roh. Hidup yang senantiasa bergerak menuju sesuatu yang memiliki buah dalam hidup. Kesulitan yang sering dialami untuk membaharui diri adalah kecenderungan untuk tinggal dalam zona aman dan nyaman. Kembali kita lihat bagaimana perjuangan matahari itu. Walaupun setiap hari bersinar, kehangatan sinarnya selalu dapat membaharui yang lainnya, tumbuhnya tanaman, bahkan sinarnya baik juga bagi kesehatan kita.

    Semoga hidup kita senantiasa menjadi baru dan dapat memberi orang-orang di sekitar kita buah dari hidup kita yang dibaharui itu. Bagaimana perjuangan hidup saya selama ini untuk memandang peristiwa dalam hidup ini baru? Sudahkah saya terbuka untuk diperbaharui dalam cinta Yesus yang bersinar setiap hari bagai matahari itu? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon