23 August 2015

Renungan Hari Kamis 27 Agustus 2015

Renungan Hari Kamis 27 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Kamis 27 Agustus 2015


Bangkitlah


    Cukup sulit memberi difinisi tentang kaum muda. Banyak pemikir menyampaikan penjelasan, salah satunya: kaum muda ialah semua yang berusia antara 12-30 tahun dan belum menikah. Maka, siapa saja yang masuk dalam kriteria itu masih dan  sudah disebut kaum muda.

    Kaum muda, siapa pun dia, kini menghadapi dunia dengan dinamika yang serba instan. Mereka hidup di zaman gadget, teknologi canggih. Selain itu, kaum muda harus menyikapi dengan bijaksana: korupsi, kolusi, nepotisme, narkoba, teroris, dan bahkan kriminalisasi. Kaum muda juga ditantang untuk  mengatasi kemiskinan, kesenjangan sosial, dikriminatif, perusakan lingkungan, dan ancaman terhadap kesatuan NKRI.

    Dunia orang muda dewasa ini lebih kompleks, rumit, dan labil. Padahal, orang muda mempunyai andil yang besar terhadap perkembangan iman Gereja masa depan. Maka, orang muda harus bergerak untuk membangun Kerajaan Allah dengan HIDUP dalam DAMAI. Injil hari ini, Yesus berseru : "Bangkitlah!" bukan hanya kepada anak muda di Nain tetapi juga seluruh jagad. Yesus menghendaki seluruh orangmuda untuk bangkit, bergerak, dan tentu teguh dalam iman.

    Paus Benediktus XVI mengatakan: "Jangan takut akan Kristus! Ia tidak merampas apa pun darimu. Ia justru melimpahimu dengan segala sesuatu. Bukalah lebar-lebar pintu hatimu bagi-Nya, maka hidup sejati akan engkau temukan". Pesan pada penobatannya sebagai Paus pada 24 April 2005 seharusnya mengingatkanorang muda bahwa sumber pergerakan ialah Yesus. Yesus Kristus ialah Sang Sumber Hidup, yang harus ditimba senantiasa.

    Cara hidup St. Monika yang kita peringati hari ini kiranya mengajari kita juga untuk BANGKIT. Ia tekun berdoa dan berpuasa demi pertobatan suami dan anaknya, St. Agustinus. Doa dan puasanya tidak sia-sia, suami dan anaknya bertobat. Bagaimana dengan orang muda? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon