26 August 2015

Renungan Hari Minggu 30 Agustus 2015

Renungan Hari Minggu 30 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Minggu 30 Agustus 2015


Kualitas Hati


    Umumnya orang akan mengatakan demikian, "Dari yang dilakukannya, orang mengenal pribadinya". Namun. dalam Injil hari ini Tuhan Yesus mengajarkan sesuatu yang rasanya berlawanan dengan pandangan itu. Berkaitan dengan perkara najis, Yesus malah berkata demikian, "Tetapi apa yang keluar dari mulut berasal dari hati dan itulah yang menajiskan orang" (Mat 15:18). Ternyata apa yang dilakukan seseorang belum tentu mewakili ungkapan hatinya. Sebagai contoh: ada orang kaya yang menyumbangkan uangnya pada sebuah panti asuhan agar dipilh menjadi caleg.

    Pada dasarnya, manusia itu makhluk yang bertopeng. Manusia bisa berpura-pura untuk melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan hatinya demi tujuan tertentu. Sebenarnya sangatlah sulit untuk menentukan pribadi seseorang, apakah ia termasuk orang baik atau tidak.

    Maka, hari ini Yesus mau mengubah pola pikir kita. Intinya demikian, "Mari melihat diri daripada sibuk melihat orang lain". Sama seperti lainnya, sebagai manusia kita pun memiliki banyak topeng. Kita punya 1000 cara untuk tujuan tertentu. Sering kali kita berpura-pura untuk kepentingan diri sendiri. Memang lebih baik membenahi kualitas hati kita masing-masing. Hati merencanakan segala sesuatu yang akan kita lakukan, entah baik atau tidak, entah merugikan orang lain atau menguntungkan diri sendiri. hati menjadi jahat kalau terus dipupuk oleh nilai-nilai kejahatan. Namun, hati akan menjadi tempat kediaman Allah kalau terus dipupuk oleh nilai-nilai kebenaran, kebaikan, kejujuran, dan belas kasih. Hati yang seperti itu akan menuntun kita untuk melakukan yang baik dan menghindari yang jahat. Tapi ingat, bahwa Roh Allah-lah yang memampukan kita untuk memiliki hati yang bersih. Mari bermenung: "Mana kualitas hati yang ada padaku, yang bersih atau yang jahat?"


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon