01 August 2015

Renungan Hari Rabu 5 Agustus 2015

Renungan Hari Rabu 5 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 5 Agustus 2015


Menerima Orang Lain


"Hai ibu, besarlah imanmu, maka jadilah kepadamu seperti yang kaukehendaki." 
(Mat 15:28)
    Injil hari ini bercerita mengenai Yesus yang menyembuhkan anak seorang perempuan Kanaan  yang percaya kepada-Nya. Yesus awalnya mencobai perempuan itu dengan mengatakan bahwa Dia hanya diutus bagi umat Israel. Namun karena kegigihan imnnya, perempuan itu menerima kebaikan dan kasih dari Yesus juga. Perempuan Kanaan tadi ikut merasakan cinta dari Yesus yang menyembuhkan anaknya yang sakit.

    Kalau membaca dan merenungkan perikop Injil hari ini, saya jadi teringat motto Mgr. Yohanes Harun Yuwono: Non est personarum acceptor Deus (Allah tidak membedakan siapa pun-Kis 10:34). Kita diajak untuk dekat dengan siapa pun dan tidak membeda-bedakan orang di sekitar kita.

    Kita, dalam kehidupan sehari-hari, banyak bertemu dengan orang yang berbeda dengan kita. Mereka hadir dengan perbedaan suku, ras, budaya, karakter, dan lain sebagainya. Tidak bisa kita sangkal bahwa perbedaan itu bisa menimbulkan kebencian dan masalah. Namun, haruskah kita demikian sebagai orang Katolik?

    Di mata Allah, semua manusia adalah sama. Manusia diciptakan dengan keunggulan dan keunikannya masing-masing dalam setiap pribadi. Anda dengan saya berbeda, Anda dengan dia juga berbeda, saya dengan dia juga berbeda. Namun, perbedaan itu seharusnya menjadikan kita semakin terbuka dan diperkaya olehnya bukan sebaliknya.

    Menerima orang lain apa adanya menjadi kunci bagi kita untuk menjalin persaudaraan dan menyalurkan kasih Allah.

Tuhan , ajarilah aku untuk menerima sesama. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon