25 August 2015

Renungan Hari Sabtu 29 Agustus 2015

Renungan Hari Sabtu 29 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Sabtu 29 Agustus 2015


Membangun Spiritualitas Menegur


    Dalam Injil hari ini banyak hal yang dapat kita renungkan. Namun, ada satu hal yang menarik bagi saya, yaitu tentang teguran Yohanes Pembaptis kepada Herodes. Begini bunyinya: "Tidak halal engkau mengambil isteri saudaramu!" (Mrk 6:18b). Teguran itu membuat Herodes menaruh dendam kepada Yohanes Pembaptis dan berniat untuk membunuhnya.

    Dalam kehidupan sehari-hari mungkin apa yang dialami oleh Yohanes Pembaptis juga pernah kita alami. Terkadang maksud baik tidak selalu mendapat tanggapan yang baik. Bisa jadi, maksud baik itu malah menimbulkan salah paham yang berujung dendam. Walaupun demikian, janganlah menyerah. Mari kita meneladani apa yang dilakukan oleh Yohanes Pembaptis dalam kehidupan sehari-hari, terlebih dalam relasi dengan sesama. Misalnya dalam lingkup keluarga: ketika seorang bapak atau ibu melihat anaknya seharian main game, tegurlah ia. Jika tidak, maka kegiatan main game seharian itu bisa menjadi kebiasaan yang kelak akan merugikan. Anak tidak lagi fokus pada tugas utamanya, yaitu belajar. Orangtua wajib mengarahkan anaknya menjadi lebih baik. Begitu juga sebaliknya, tidak menutup kemungkinan bagi anak untuk menegur orangtuanya. Ketika orangtua sedang kurang harmonis, seorang anak wajib mengusahakan atau mengingatkan mereka agar kembali hidup dengan harmonis.

    Banyak yang dapat kita lakukan untuk mengingatkan sesama kita yang berbuat salah. Namun perlu diingat bahwa teguran harus dilakukan dengan sopan dan rendah hati agar tidak terjadi kesalahpahaman yang bisa saja menimbulkan masalah yang lebih rumit. Dengan menegur kita saling mengevaluasi satu samalain sehingga hidup kita akan semakin bertumbuh dan berkembang ke arah yang lebih baik. Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon