28 August 2015

Renungan Hari Selasa 1 September 2015

Renungan Hari Selasa 1 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Selasa 1 September 2015

Anak-anak Terang

    Lebih mudah bagi kita mengenali orang lain daripada diri sendiri, mulai dari kekurangan hingga kelebihannya. Dengan melihat dan mendengar tentang kekurangan atau kelebihannya, kita dengan mudah menilai orang lain. Kurang mengenali diri sendiri mempengaruhi sikap dan tindakan yang kita lakukan kepada orang lain.

    Dalam rumah ibadat, Yesus mengajar orang banyak. Mereka takjub akan pengajaran-Nya, karena kata-kata-Nya penuh kuasa. Di rumah ibadat itu ada yang kerasukan roh jahat. Ia sungguh mengenal siapa Yesus. Katanya, "Aku tahu siapa Engkau, Yang Kudus dari Allah" (Luk 4:34). Roh jahat yang adalah lawan manusia pun mengenal siapa Yesus. Seringkali sebagai umat Kristiani, kita justru kurang mengerti siapa Yesus sesungguhnya.

    Ketidaktahuan akan Yesus menunjukkan bahwa selama ini kita masih hidup sebagai manusia-manusia gelap, yaitu manusia yang mengikuti kehendak sendiri, bukan kehendak Allah. Santo Paulus mengatakan, "Kita adalah anak-anak terang dan anak-anak siang. Baiklah kita sadar, berbajuzirahkan iman dan kasih, dan berketopongkan pengharapan keselamatan" (1Tes 5:5,8). Wujud atau tindakan anak-anak terang adalah saling menasihati dan saling membangun. Lalu, bagaimana dengan kita selama ini? Apakah tidakan kita mencerminkan anak-anak terang yang saling menasihati dan saling membangun sehingga memampukan kita untuk mengenal Yesus?

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon