21 August 2015

Renungan Hari Selasa 25 Agustus 2015

Renungan Hari Selasa 25 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 25 Agustus 2015


Pujian


    Bagi sebagian orang, pujian merupakan salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi. Apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi serasa ada yang kurang dalam hidup ini. Mendapat pujian bukanlah sesuatu hal yang salah ataupun dosa. Menjadi salah ketika seseorang melakukan sesuatu demi sebuah pujian. Mengikuti tata tertib yang ada dalam masyarakat maupun dalam gereja (rajin ke gereja, doa lingkungan, memberi sumbangan, dan lain sebagainya) memang penting dan baik, namun hendaknya itu dilakukan dengan setulus hati bukan karena ingin mendapat pujian.

    Dalam Injil hari ini, dikisahkan bahwa Yesus mengecam ahli-ahli Taurat dan orang-orang Farisi. Mereka mengabaikan hal yang penting dri hukum Taurat yaitu: keadlian, belaskasihan, dan kesetiaan demi hasrat mereka yaitu mengumpulkan pajak religius yang harus dibayarkan kepada mereka. Kebusukan hati tertutupi oleh sikap yang baik yang bukan darihati tetapi dari keuntungan diri saja. Yesus mengingatkan kita agar senantiasa bersikap, bertindak, dan memiliki hati yang baik. Agar kita sungguh-sungguh hidup sebagai orang yang beriman kepada Kristus.

    Saudara-saudari yang terkasih dalam Kristus, bagaimana dengan sikap dan tindakan kita selama ini? Apakah yang saya lakukan bagi diri sendiri dan orang lain hanya sekedar untuk mendapat sebuah pujian dari orang lain? Sudahkah sikap kita mencerminkan diri sebagai orang yang percaya dan mengimani Kristus? Mari bermenung diri. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon