Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

20 August 2015

Renungan Hari Senin 24 Agustus 2015

Renungan Hari Senin 24 Agustus 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 24 Agustus 2015


Berpikir Positif Terhadap Sesama


    Dalam kisah Injil hari ini ada satu hal yang menarik bagi saya, yaitu apa yang telah dikatakan oleh Natanael kepada Filipus, "Mungkinkah sesuatu yang baik datang dari Nazaret?" (Yoh 1:46). Dalam permenungan, saya berpikir, "Apa maksud pernyataan itu? Mengapa ia berkata demikian?" Pada waktu itu nazaret adalah kota kecil dan belum terlalu berkembang. Di sana sangat jarang dijumpai seseorang yang besar atau terpandang. Oleh karena itu dapat dimengerti bahwa mengapa Natanael berkata demikian.

    Ada seorang frater tingkat dua bernama Gan. Ketika kuliah di kampus seorang dosen menanyakan sesuatu mengenai bahan mata kuliah kepadanya. Namun sebelum menjawab, dosen itu bertanya lagi kepadanya, "Dari mana kamu?" Ia kemudian menjawab "Dari Mesuji, Lampung, Romo." Setelah mendengar jawaban itu sang romo seketika itu langsung terkejut dan berkata, "Wah.. adakah sesuatu yang baik dari sana?" Setelah berkata demikian para frater dan para suster yang sedang belajar di situ pun tertawa terbahak-bahak.

    Dalam kehidupan sehari-hari pengalaman yang dialami oleh romo (dosen) dan Natanael itu mungkin pernah juga kita alami. Kita seringkali dalam ketidaksadaran melihat orang lain dari latarbelakang keluarganya atau tempat dari mana ia berasal. Akibatnya, orang itu menjadi berkecil hati dan tidak mampu berkembang dengan baik. Injil hari ini mengingatkan kita agar kita melihat seseorang bukan hanya dari latarbelakangnya saja tetapi lihatlah seseorang pada keadaannya yang saat ini, adanya dirinya yang sekarang. Sehingga dengan demikian ia akan dapat bertumbuh dan berkembang dengan semestinya. Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon