30 September 2015

Gua Maria Bunda Pemersatu

Gua Maria Bunda Pemersatu, Paroki Jumapolo, Karanganyar, Jawa Tengah, Tempat Ziarah Agama Katolik, Santo Katolik Dot Com

Gua Maria Bunda Pemersatu, Paroki Jumapolo, Karanganyar, Jawa Tengah.


Asal usul Gua Maria Bunda Pemersatu


    Gua Maria dibangun diprakarsai oleh Rm. Aj. Hardjasudarma, SJ. Waktu itu Romo Hardjo melihat perkembangan umat diwilayah Tengklik dari tahun 1982 (diresmikan kapel wilayah) sampai tahun 1986 begitu pesat dan bertambah banyak, sedangkan pelayanan Ekaristi cuma sebulan sekali. Dari keterbatasan romo untuk melayani umat, maka romo mengajari umat untuk mendekatkan diri dengan Tuhan lewat berdoa rosario, baik lewat keluarga, kelompok, dan kaum muda dengan membentuk Legio Maria. Dengan doa Rosario tersebut ternyata begitu diterima oleh umat karena umat merasa dekat dengan Tuhan lewat perantara Bunda Maria. Ini semua tak terlepas dari tradisi masyarakat desa sebelum masuknya Katolik, yaitu seperti menghormati dewi sri untuk berterima kasih pada Tuhan atas rejeki yang diterima lewat olah tanah dan tradisi berziarah yang dimiliki sejak nenek moyang.

     Doa Rosario yang begitu merakyat dikalangan umat membuat Romo mempunyai pemikiran untuk membuat tempat khusus untuk berdevosi kepada Maria. Maka Februari 1986, dengan swadaya Umat dimulailah pembangunan Gua maria berlokasi dibelakang Gereja Wilayah.

Sarana tempat doa wilayah Tengklik

    Pembangunan gua Maria dimulai bulan Mei 1986 dari prakarsa Rm Aj Hardjo Sudarmo SJ, umat se-wilayah bekerja bakti mengumpulkan batu dari sungai untuk mewujudkan tempat devosi mereka, dengan semangat dari para umat tersebut sedikit demi sedikit bangunan guapun telah jadi (walaupun kecil dan terbuat dari batu). Setelah bangunan gua sudah jadi maka pada 12 september 1987 peletakkan patung dan pemberkatan gua diadakan bersamaan dengan Misa penerimaan Sakramen Krisma Oleh Uskup Yulius Darmaatmadja, SJ. Sejak diberkatinya Gua yang terletak dibelakang gereja wilayah tersebut menjadi tempat/sarana umat wilayah Tengklik khususnya dan umat Paroki Jumapolo umumnya bisa lebih mendekatkan diri pada Yesus lewat perantaraan Bunda Maria

Menjadi tempat Ziarah

    Sejak diberkati tahun 1987, perkembangan gua tidak ada perubahan yang berarti, baik bentuk fisik ataupun kegiatan yang diadakan. Melihat kondisi itu Romo dari Paroki St. Pius X Karanganyar yaitu Rm. N. Agung Sriwidodo,Pr mempunyai pemikiran untuk mengembangkan Gua tersebut menjadi tempat peziarahan.
Awal tahun 2002 dengan modal Rp 500.000 , pembangunan/pengembangan gua Maria dimulai dengan menambah beberapa fasilitas antara lain :
1.     Plataran gua yang dulunya masih tanah dipenuhi rumput dibangun menjadi permanen dengan desain yang menyesuaikan bentuk dan lokasi.
2.     Dibangunnya taman Doa Hati Kudus Yesus di komplek Gua Maria
3.     Dibangunnya rute jalan salib yang permanen
    Sejak dibangunnya fasilitas tersebut maka kegiatan di gua Maria pun meningkat yaitu dengan diadakan Misa setiap Bulan Mei dan Oktober yang melibatkan umat separoki Adm Jumapolo hingga paroki Karanganyar. Dan Gua Maria dinamakan Gua Maria Bunda Pemersatu

Alamat

    Bunda Pemersatu berada di dusun Tengklik, desa Kedawung, Kecamatan Jumapolo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Dari Kota Karanganyar ke arah tenggara ± 20 km.
Informasi Telp    :  0271 7060367 (Paroki Jumapolo) atau 0818 0255 5873 atau 0852 2947 9417
Website  http://www.parokijumapolo.com/



Sumber http://www.parokijumapolo.com/

Kembali Ke Daftar Gua Maria Di Indonesia

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon