09 September 2015

Renungan Hari Minggu 13 September 2015

Renungan Hari Minggu 13 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Minggu 13 September 2015

Engkau adalah Mesias

    "Kata orang, siapakah Aku ini?", inilah pertanyaan Yesus yang menggelitik yang disampaikan-Nya kepada para murid-Nya. Apa maksudnya? Apakah Yesus sedang menguji popularitasnya? Atau Yesus sedang menguji pengetahuan mereka atas diri-Nya? Kiranya bukan keduanya!

    Kehadiran Yesus dalam sabda dan karya-Nya di tengah-tengah masyarakat sungguh sangat mengejutkan banyak orang. Ribuan orang setiap hari mengikuti Dia, mendengarkan ajaran-Nya dan menerima rahmat penyembuhan dari berbagai penyakit. Tetapi apakah mereka sungguh mengenal Yesus Kristus dengan tugas yang dibawa-Nya dari Bapa?

    Ternyata banyak versi yang muncul sesuai dengan pemahaman dan pengenalan mereka atas Yesus, menurut banyak orang. Pertanyaan yang paling hakiki adalah yang disampaikan kepada para murid-Nya, 'Menurut kamu ....' Di sinilah muncul Petrus yang dengan tegas menjawab, "Engkau adalah Mesias".

    Jawaban ini sungguh sangat mendalam karena Petrus menyatakan siapa Yesus sesungguhnya. Dia adalah Mesias, nabi yang dinantikan oleh bangsa Israel untuk menyelamatkan semua manusia dari belenggu dosa. Untuk itulah Dia datang, menyelamatkan manusia dari kuasa dosa melalui sengsara, wafat di atas kayu salib dan bangkit dengan mulia.
   
    Mengenal siapa Yesus sesungguhnya hanya bisa kita peroleh kalau kita beriman kepada-Nya. Beriman berarti mempersembahkan diri kepada Kristus, mengikuti Dia, kita akan beroleh hidup dan damai sejahtera yang kekal.

Ya Yesus, ajarilah dan utuslah Roh Kudus-Mu untuk menerangi akal budi kami sehingga kami mengenal dan mengimani Engkau sebagai sumber keselamatan kami. Amin.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon