23 September 2015

Renungan Hari Minggu 27 September 2015

Renungan Hari Minggu 27 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik
Renungan Hari Minggu 27 September 2015

Memangkas Egoisme Diri

    Saudaraku, dalam kehidupan sehari-hari kita, hal yang mungkin sulit dilakukan adalah sikap untuk memberi maaf. Memang ada juga yang menjadi pribadi penuh maaf. Namun rasa-rasanya ada sesuatu yang menjadi latar belakang bagi kita sehingga sulit memberi maaf, apalagi seseorang yang telah menyakiti hati kita. Dalam refleksi ini, egoisme diri sering menjadi salah satu model penghambat kita untuk terbuka memberi maaf atau pengampunan kepada orang lain.

    Betapa sulitnya mengurangi keegoisan yang berpusat pada diri sendiri, oleh Yesus dalam Injil hari ini diumpamakan dengan "memenggal tangan", "mencungkil mata", maupun "memenggal kaki". Sikap egoisme dan berpusat pada diri sendiri menjadi penghambat seseorang mencapai kepuasan batin dalam berbuat baik. Tentu akan menakutkan dan menyayangkan bagi kita jika kita sampai melukai dan "memenggal/ mencungkil" bagian dari tubuh kita. Namun jika itu menjadi penghambat atau penyesat, maka perumpamaan memenggal bagian tubuh menjadi langkah konkrit dari Yesus untuk mencapai sebuah kebahagiaan. Yang perlu kita lakukan dalam hidup adalah memangkas atau memenggal egoisme dalam diri kita jika itu menghalangi langkah kita untuk berbuat baik. Pasti akan sulit untuk "memenggal" bagian tubuh, demikian kita sulit untuk "memenggal" egoisme kita.

    Untuk menjadi baik itu kadang kita harus melewati proses yang tak jarang menyakitkan seperti "dipenggal". Namun bagaimana sikap kita dalam berproses itu? Apakah dalam diri kita ada keberanian untuk "memangkas" keegoisan kita sehingga kita dapat terbuka akan rahmat kebahagiaan yang ditawarkan allah? Atau masihkah kita bertahan pada keegoisan dan mementingkan diri sendiri "bertahan dengan kesempurnaan kaki, tangan, mata", namun menghambat kita sampai pada kebahagiaan itu? Mari bermenung.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon