12 September 2015

Renungan Hari Rabu 16 September 2015

Renungan Hari Rabu 16 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Rabu 16 September 2015


Ini Salah Itu Salah


    Pada perikop sebelum bacaan Injil hari ini, Yesus memberi jawab kepada murid-murid Yohanes Pembaptis atas pertanyaan tentang kedatangan Sang Penyelamat. Setelah para murid pergi, Yesus berbicara kepada orang banyak tentang Yohanes Pembaptis. Yesus kemudian mengarahkan pembicaraan tentang orang-orang Farisi.

    Yesus, pada bacaan Injil hari ini mengkritisi sikap orang-orang Farisi. Yesus menunjukkan bahwa mereka menganggap diri paling benar. Orang Farisi telah kekurangan pamor. Kehadiran Yohanes Pembaptis telah mengurangi kepercayaan masyarakat Yahudi terhadap mereka. Orang Yahudi datang dan percaya terhadap pemberitaan Yohanes Pembaptis. Demi mengambil hati masyarakat, orang Farisi menganggap Yohanes Pembaptis sebagai orang kerasukan setan.

    Di lain pihak, kehadiran Yesus telah menarik lebih banyak orang untuk datang, mendengarkan, dam meminta kesembuhan. Jika Yohanes Pembaptis tidak makan daging dan tidak minum anggur dianggap kerasukan setan, kali ini Yesus makan dan minum juga dianggap salah karena Ia pelahap dan peminum, sahabat pemungut cukai dan orag berdosa

    Sindiran Yesus terhadap orang Farisi bisa saja menjadi sindiran bagi kita. Yidak jarang kita memiliki anggapan jelek terhadap orang lain yang lebih hebat, lebih beroengaruh, lebih berpretasi di masyarakat. Kita mengumbar cerita-cerita negatif tentang orang yang lebih baik hidupnya di masyarakat demi menarik perhatian orang lain, apakah kita demikian? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon