18 September 2015

Renungan Hari Selasa 22 September 2015

Renungan Hari Selasa 22 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Selasa 22 September 2015


Menjadi Saudara Bagi Semua


    Panggilan kita sebagai orang Kristiani adalah menjadi saudara bagi semua orang. Saudara tentu bukan hanya mereka yang menjadi keluarga besar kita, melainkansemua orang yang ada di sekitar kita bisa menjadi saudara kita. Sebagai seorang seminaris, saya pernah mengalami kegelisahan ketika hendak berangkat ke seminari. Kegelisahan itu menjadi rasa takut jika saya dari saudara-saudara saya. Apakah saya punya saudara di seminari? Itu pertanyaan saya waktu ini.

    Dalam perjalanan waktu, rasa takut itu mulai sedikit berkurang. Hal yang bayangkan itu perlahan hilang. Di seminari inilah saya mendapat banyak saudara. Banyak orang yang dapat saya jumpai dan saya pun mengalami kasih Tuhan melalui pengalaman yang dapat dibagikan. Saudara yang dihadirkan bagi hidup saya itu memberi dukungan dalam pengalaman panggilan saya.

    Saudaraku, Injil hari ini juga berbicara tentang Yesus dan sanak saudara-Nya. Yesus dalam perutusan-Nya menjadi saudara bagi banyak orang. Ketika seseorang mengalami himpitan dari situasi sekitarnya, Ia hadir sebagai saudara bagi pribadi tersebut. Ketika orang merindukan kesembuhan dari penyakit, Ia pun hadir sebagai saudara bagi mereka hingga mereka mendapat kesembuhan baik fisik maupun batin. Bahkan pendosa pun menjadi saudara bagi Yesus dalam perutusan-Nya.

    Bagi Yesus keterbukaan akan kehendak Allah itulah yang menjadikan seseorang menjadi saudara-Nya. Ketika kita hadir dalam pengalaman persaudaraan itu, kita telah menjemput rahmat dan kita akan diperkaya. Pengalaman persaudaraan kita dengan orang di sekitar kita akan membuat kita semakin kaya, baik dalam pengalaman maupun dukungan. Sudahkah saya menjadi saudara bagi orang-orang di sekitar ? Maukah kita terbuka akan rahmat persaudaraan yang ditawarkan Allah dalam hidup kita? Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon