10 September 2015

Renungan Hari Senin 14 September 2015

Renungan Hari Senin 14 September 2015, Renungan Harian, Santo Katolik

Renungan Hari Senin 14 September 2015


Makna Salib


    Mengapa orang-orang yang percaya kepada Yesus memasang salib di rumah mereka, memakai tanda itu sebelum dan sesudah berdoa, bekerja atau melakukan suatu kegiatan baik rohani maupun jasmani? Apa makna salib bagi kita? Bagi orang-orang yang percaya kepada Yesus, salib merupakan tanda kemenangan. Sebagaimana yang diterangkan oleh Yohanes, dalam salib, kita melihat begitu besar kasih Allah akan dunia ini.

    Realitas salib memang merupakan misteri yang sulit dimengerti. Mengapa Tuhan mau wafat dengan cara yang paling rendah seperti itu? Mengapa Allah menghendaki Yesus, Putra-Nya, afat di salib? Salib menjadi tanda bahwa Allah begitu mengasihi manusia, sehingga Ia "mengosongkan diri", rela mengalami penderitaan yang paling keji. Allah kita adalah Allah yang memberikan diri seutuhnya kepada kita. Yesus merelakan diri-Nya di salib demi karena kasih-Nya kepada manusia dan ketaatan-Nya kepada Allah. Ia sungguh percaya bahwa Allah, Bapa-Nya, tidak akan meninggalkan Dia.

    Dengan memandang salib, kita bisa merasakan kasih-Nya yang begitu besar kepada kita. Yesus menebus segala dosa kita dengan darah-Nya di kayu salib. Salib merupakan puncak penyerahan diri Yesus kepada Bapa-Nya. Mari kita terus bersyukur atas pengorbanan Yesus yang rela wafat bagi kita. hanya dengan menghayatinya kita akan mampu mengerti dan memaknai adanya penderitaan di dunia ini.

Tuhan Yesus, kupandang salib-Mu dan makin mengertilah aku betapa Engkau sangat mengasihi aku. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon