Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

19 October 2015

Renungan Hari Kamis 22 Oktober 2015

Renungan Hari Kamis 22 Oktober 2015, Segeralah Memilih, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 22 Oktober 2015


Segeralah Memilih


    Injil hari ini agak sulit dimengerti. Saya sudah beberapa kali membacanya tetpi masih belum mengerti. Saya coba membuka buku tafsir Perjanjian Baru untuk membantu kesulitan imi. Setidaknya, ada dua hal yang sulit saya pahami, yaitu tentang "api" dan tentang "baptisan". Apa maksud Yesus tentang kedua hal itu?

    Pertama tentang "api". Api adalah lambang Roh Kudus. Sebagai Sang Mesias, Yesus mempunyai tugas untuk menyalakan api (Roh Kudus) dalam hati setiap manusia. Api itu akan membakar semangat para pengikut-Nya untuk menegakkan Kerajaan Allah di dunia dan mewartakan karya keselamatan Allah yang nyata dalam Diri Yesus Kristus.

    Kedua tentang "baptisan". Baptisan adalah lambang perutusan Yesus yang paling pokok. Dengan menerima baptisan berarti Yesus dituntut untuk segera melaksanakan tugas perutusan-Nya, yaitu menyelamatkan manusia dari dosa. Tugas itu diawali dengan penderitaan yang harus dialami-Nya. Karena dengan menderita, sengsara, disalibkan dan wafat, Yesus akan bangkit mulia. Kebangkitan-Nya merupakan tanda kekalahan maut dan dosa. Relasi manusia dengan Allah dipulihkan bahkan manusia mempunyai hak istimewa untuk disebut anak-anak Allah.

    Tugas perutusan Yesus di dunia tidak berakhir begitu saja sesudah kenaikan-Nya ke surga. Siapakah yang meneruskan tugas itu? Mereka yang dibaptis dalam nama-Nya. Dengan baptisan itu mereka menerima Roh (api) dari-nya. Roh itu tidak membawa perdamaian tetpi malah membawa pertentangan, karena Roh itu menuntun manusia untuk menuruti Suara Allah. Bahkan secara lebih keras Yesus mengingatkan bahwa pertentangan itu terjadi juga dalam sebuah keluarga. Mereka harus siap menderita sampai harus menyerahkan nyawanya. Mereka yang telah melaksanakan perutusan itu akan menerima imbalan di hari penghakiman Kristus pada akhir zaman nanti. Akhirnya, kita diharuskan untuk segera memilih. Bagaimana dengn kita? Mana yang dipilih?


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon