08 October 2015

Renungan Hari Minggu 11 Oktober 2015

Renungan Hari Minggu 11 Oktober 2015, Memperoleh Hidup Yang Kekal, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 11 Oktober 2015


...memperoleh hidup yang kekal?


    Bacaan Injil hari ini didahului dengan pertanyaan yang sangat menarik, "Guru yang baik, apa yang harus kuperbuat untuk memperoleh hidup yang kekal?" Orang muda menyebut Yesus sebagai Guru yang baik, ya Dia adalah perwujudan kasih Allah yang nyata di tengah hidup kita. Tetapi persoalan yang menrik dikemukakan adalah, 'apa yang harus diperbuat untuk beroleh hidup yang kekal'.

    Pernahkah kita sejenak merenung, 'apa yang akan aku alami setelah kematianku?' Hidup kita sungguh hanya sebentar, 'mung mampir ngombe' (singgah untuk minum) kata pepetah Jawa; 70 tahun atau 80 tahun jika kata Pemazmur. Namun yang penting bukan panjang atau pendeknya usia yang kita jalani melainkan apakah yang kita isikan dlam kehidupan kita setiap harinya.

    Yesus menuntun kita untuk melihat apakah kita sudah melaksanakan apa yang dikehendaki oleh Allah yang termuat dalam 10 perintah Allah. Orang muda tadi dengan bangganya telah melaksanakan semuanya itu. Luar biasa! Nyaris sempurna! Cukupkah? Ternyata belum cukup bagi Yesus. Dia harus meninggalkan semuanya, berbagi dengan orang miskin dan mengikuti Yesus. Dia pergi karena banyak hartanya!   
   
    Harta atau hal-hal duniawi seringkali menghalangi kit untuk mengikuti Yesus dengan sepenuh hati. Yesus tidak mengecam orang kaya atau orang yang banyak hartanya. Tetapi Yesus mengajak kita semua untuk mencari dan menemukan apa yang paling penting bagi hidup kita yakni mengikuti Dia dengan sepenuh hati. Dalam Dia ada jaminan hidup yang kekal dan damai sejahtera yang nilainya tak bisa dinilai dengan harta dunia ini.

Ya Tuhan, ajarilah kami untuk mendengarkan sabda-Mu dan mmengikuti-Mu dengan sepenuh hati demi kemuliaan nama-Mu. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon