01 October 2015

Renungan Hari Minggu 4 Oktober 2015

Renungan Hari Minggu 4 Oktober 2015, Biarlah anak-anak itu datang kepada-Ku, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 4 Oktober 2015


Biarlah anak-anak itu datang kepada-Ku


    "Hallo cantik, apakabar?" sapaku suatu pagi di gereja sebelum perayaan Ekaristi dimulai. Dengan mata yang berbinar-binar dan mengumbar senyum, anak menjawab sapaanku tadi, "Kabar baik romo". Selanjutnya kami terlibat dialog yang menyenangkan. Saya senang menyapa mereka dengan sapaan yang positif; anak baik, cantik, ganteng, cerdas dan sebagainya. sapaan itu telah membangkitkan rahmat Allah yang tersimpan dalam dirinya.

    Dalam Injil hari ini, Yesus juga mengajarkan kita supaya anak-anak datang kepada-Nya. Dia mau menerima, mereka yang dengan tulus hati dan rindu untuk disapa, yang datang kepada-Nya. "Biarkanlah anak-anak itu, janganlah menghalang-halangi mereka datang kepada-Ku; sebab orang-orang yang seperti itulah yang empunya Kerajaan Surga" (bdk. Mrk 10:14).

    Mengapa anak-anak mempunyai tempat yang istimewa bagi Yesus? Pada zamannya, anak-anak menjadi gambaran orang-orang yang tidak berguna, orang-orang kecil, belum atau tidak punya peranan dalam hidup kemasyarakatan. Untuk merekalah Yesus datang. Yesus mau memberi harapan hidupbaru bagi orang-orang yang selama ini tersingkirkan; terutama tersingkir dari hadapan Allah karena dosa-dosa mereka.

    Hanya orang-orang tertindas dan terbuang yang merindukan zaman yang baru, langit dan bumi yang baru. Yesus membuka hati dan menyediakan diri-Nya bagi mereka semua. Anak-anak selalu merindukan untuk dihargai, diterima, dikasihi dengan tulus hati. Dalam diri mereka ada rahmat yang perlu kita terima untuk dikembangkan. Demikian pula dalam diri setiap orang yang berdoa senantiasa terkandung rahmat yang menuntun mereka beroleh keselamatan. Kita perlu mengembangkannya seperti Yesus Kristus.

Ya Kristus, ajarilah kami untuk bisa menerima siapapun. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon