11 October 2015

Renungan Hari Rabu 14 Oktober 2015

Renungan Hari Rabu 14 Oktober 2015, Yesus mengecam orang Farisi, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Rabu 14 Oktober 2015


Mengasihi: Memberi Kesempatan


    Membaca Injil hari ini, boleh jadi orang heran. Bagaimana tidak? Yesus mengecam orang yang menghakimi sesamanya. Serentak juga Yesus sendiri menghakimi atau mengecam (orang Farisi dan ahli Taurat). Masih banyak lagi, argumen lain yang mungkin mendasari keheranan itu.

    Namun, jelas bagi kita bahwa Yesus melarang agar kita tidak menghakimi orang lain. Di balik larangan itu, Yesus mengajak kita untuk berbuat kasih. Kita tidak boleh menghkimi orang lain, sebab hakim itu hanyalah Tuhan sendiri. Dengan penuh kasih Tuhan memberikan kesempatan kepada manusia untuk memperbaiki diri dan bertobat. Hal itu jelas dalam diri Yesus yang hadir sebagai wujud kasih Allah kepada manusia. Sebab, jika Allah tidak berbelas kasih, tidak peduli, cuek pada manusia, pastilah Ia tidak hadir untuk menyelamatkan manusia.

    Mari kita bersama belajar, sekurang-kurangnya tidak menghakimi ataupun mengecam orang lain. Dan, kalaupun kit terpaksa menilai orang lain, marilah kit menilai dengan kasih. Kasih itulah yang akan membuahkan pertobatan dan kebaikan.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon