Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

10 October 2015

Renungan Hari Selasa 13 Oktober 2015

Renungan Hari Selasa 13 Oktober 2015, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Selasa 13 Oktober 2015


Bersih


"Masulah Ia ke rumah itu, lalu duduk makan" (Luk 11:37)

    Keberhasilan Gerakan Anti Korupsi tidak hanya diukur dari berapa banyak  koruptor dipenjara dan berapa banyak uang negara diselamatkan, juga bukan saja kesuksesan kerja lembaga penegak hukum seperti: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kejaksaan RI, dan kepolisian RI, juga bukan karena banyaknya rumusan hukum atau kebijakan pencegahan yang dibuat. Keberhasilan yang ada dan penindakan yang terjadi seharusnya adalah hasil dari revolusi hati dan mental. Tanpa perubahan hati dan cara pikir yang radikal, para koruptor akan bertindak lebih keras untuk menyerang balik salah satu lembaga penegak hukum.

    Lembaga penegak hukum tentu tidak dapat berjalan sendiri. Mereka harus melibatkan semua lapisan masyarakat untuk menolak korupsi. Butuh waktu, tenaga, pikiran, dan biaya yang tidak sedikit untuk mewujudkan dunia tanpa korupsi. Meskipun demikian, Dalam bacaan Injil hari ini, Yesus mengajak kita untuk tegas merombak cara pikir dan sikap hati. Hari ini Yesus "masuk rumah dan duduk makan". Sikap-Nya memperlihatkan bahwa Yesus mau melihat keseluruhan diri terhadap yang empunya rumah. Tidak hanya itu, Ia menunjukkan bahwa Ia mau merubah kebiasaan ke kedalaman diri manusia. Gambaran itu juga merupakan kesempatan bagi Yesus untuk menerima apa adanya sang tuan rumah. Ia hendak membersihkan hati manusia hingga ke kedalamannya.

    Sehebat apapun hukum dan penegakannya yang dibuat, dan sebesar apapun keterlibatan masyarakat terhadap pemberantasan korupsi, tanpa pembaruan HATI dan Mental yang bersih, semua menjadi omong kosong dan hampa. Oleh sebab itu, jika Yesus masuk dan duduk makan untuk melihat dan menerima apa adanya, mari kita pun masuk ke kedalaman hati dan pikiran kita untuk membersihkan diri dari segala ketidakberesan. Mari bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon