Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

23 October 2015

Renungan Hari Senin 26 Oktober 2015

Renungan Hari Senin 26 Oktober 2015, Hari Sabat, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Senin 26 Oktober 2015


Hari Sabat


    Seorang pemuda pergi bersama empat orang temannya untuk menghadiri pesta ulang tahun. Sesampai di sana musibah terjadi. Pemuda tersebut terpeleset dan tercebur di sebuah kolam renang di tempat di mana pesta itu berlangsung. Pemuda ini tidak pandai berenang, ia berteriak-teriak minta tolong.

    Teman pertama melemparkan buku tentang cara-cara menyelamatkan diri dalam bahaya tenggelam. Teman kedua melemparkan ban sambil berteriak, "Ambil ban itu, agar kamu selamat!" Teman yang ketiga berlutut di pinggir kolm, mulutnya komat-kamit sambil melafalkan doa. Sementara itu, teman yang keempat langsung membuka pakaiannya dan terjun ke dalam kolam. Kemudian, ia mengangkatnya ke pinggir kolam. Lalu ia memberikan bantuan pernapasan. Setelah itu, i membawanya ke rumah sakit. Siapakah penolong sejati di antara keempat teman tersebut?

    Saudara-saudari yang terkasih Injil hari ini berkisah tentang Yesus yang menyembuhkan orang pada hari Sabat. Sabat dalam bahasa Ibrani artinya "Istirahat". Sabat adalah hari ketujuh, di mana orang diwajibkan untuk beristirahat dari kerja dan doa. Sementara itu, Sabat memiliki makna sebgai hari untuk mengenangkan istirahat Allah sesudah penciptaan dan pembebasan dari Mesir. Orang Yahudi mengakui bahwa dalam mencipta Allah beristirahat sejenak pada hari yang ketujuh. Maka orang Yahudi juga harus menguduskan hari itu bagi Allah dan juga ikut bergembira pada hari itu juga.

    Injil hari ini mengajak kita seperti yang dilakukan oleh Yesus yakni tidak melakukan penafsiran yang keliru tentang hari Sabat, sebab hari Sabat untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat. Hari Sabat seharusnya diisi dengan hal-hal yang baik yang berguna bukannya malah membenarkan aturan yang keliru yang kerap kali membelenggu manusia dan membuat manusia menderita.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon