16 November 2015

Renungan Hari Kamis 19 November 2015

Renungan Hari Kqmis 19 November 2015, Perlu, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 19 November 2015


Perlu


"Betapa baiknya jika pada hari ini juga engkau mengerti apa  yang perlu untuk damai sejahtera" (Luk 19:42)"
    Yesus menangisi kota Yerusalem. Dia terenyuh. Sebab, kata-Nya bahwa Yerusalem tidak tahu apa yang perlu untuk damai sejahtera merek. Perlu itu identik dengan kebutuhan, keharusan, penting; oleh karena itu harus dilakukan dan tidak dapat ditawar-tawar lagi. Jika sesuatu yang perlu itu tidak dipenuhi atau tidak dilakukan maka jelaslah konsekuensinya. Yesus sendiri tahu mengenai kehancuran yang akan menimpa Yerusalem. Kota mereka akan hancur.

    Matatias dalam bacaan pertama hari ini, tahu akan apa yang perlu untuknya. Taat dan setia kepada Taurat itu perlu, penting, dan keharusan. Dengan menolak untuk mempersembahkan kurban kepada sang raja. Matatias telah melakukan yang seharusnya demi damai sejahtera dirinya dan oarng-orang yang dipimpinnya.

    Dalam situasi dan kondisi tertentu, pastilah kita dituntut untuk tahu apa yang perlu dan harus dilakukan. Misalnya, anak sekolah itu perlu belajar. Orang itu perlu bekerja. Orang itu perlu makan. Orang itu perlu berdoa. Sebagai contoh lagi, jika orang tidak makan maka jelaslah bahwa ia akan lapar, sakit, bahkan akan mati. Itulah pentingnya melakukan "yang perlu". Marilah kita mohon rahmat Tuhan agar memampukan kita untuk mengetahui dan malakukan apa yang perlu dan seharusnya demi damai sejahtera kita.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon