30 November 2015

Renungan Hari Kamis 3 Desember 2015

Renungan Hari Kamis 3 Desember 2015, Kabar Gembira, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 3 Desember 2015


Kabar Gembira


    Berkat rahmat baptisan, seseorang dipanggil untuk ikut ambil bagian  dalam karya dan tugas Kristus sebagai imam, nabi dan raja. Tiga tugas itu menjadi sebuah misi baru perutusan sebagai umat Allah. Injil hari ini juga mengulas tentang misi tersebut.

    Dalam sebuah kerasulan di sekolah, saya pernah mendengarkan ungkapan seorang guru berjilbab yang mengapresiasi kehidupan para kaum berjubah. Dari sudut pandangnnya itu, ia menceritakan aura kesejukan yang dirasakan ketika berjumpa dengan mereka. Ia pun sampai pada kesadaran bahwa tugas kaum berjubah sungguh mulia, mulai dari aktivitas hidup, pelayanan yang siap sedia untuk ditempatkan di mana-mana, juga dalam hal totalitas yang diberikan untuk pelayanan umat. Perjumpaan ini sungguh menyadarkan saya bahwa berkat rahmat baptisan cita rasa Kekatolikan itu tampak khas.

    Saudaraku, kabar gembira sebagai wujud pewartaan Injil dapat kita wujudkan melalui kesaksian hidup kita di mana pun kita berada. Paus Fransiskus di Tahun Hidup Bakti ini mengajak para kaum berjubah khususnya, untuk "membangunkan dunia" melalui kesaksian hidup yang nyata. Ia pun berharap, kaum berjubah menyiratkan pesan kegembiraan Kristus dalam hidup mereka. Wajah mereka bukanlah seperti seseorang yang pulang dari pemakaman, murung dan tanpa harapan. Kini, tugas yang telah kita terima karena rahmat baptisan itu perlu kita wujudkan sedikit demi sedikit. Bukan hanya menjadi tugas kaum berjubah untuk mewartakan kabar gembira itu, melainkan kita semua, berkat panggilan kita masing-masing dan karena baptisan, dipanggil untuk meneruskan misi Kristus itu.

    Sudahkah saya menyadari rahmat baptisan yang telah saya terima dalam kehidupan sehari-hari? Beranikah saya memberi diri untuk melanjutkan misi Kristus dalam kesaksian hidup saya? Marilah kita "membangun dunia" dengan sukacita dalam hidup!

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon