Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

02 November 2015

Renungan Hari Kamis 5 November 2015

Renungan Hari Kamis 5 November 2015, Sedikit Namun Berarti, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 5 November 2015


Sedikit Namun Berarti


    Peristiwa mupun tindakan pertobatan adalah sebuah 'harga mahal' yang perlu diperjuangkan. Mengapa demikian? Karena buah-buah pertobatan yang dihasilkan membuat orang di sekitar ikut merasakan kebahagiaan atau sukacita. Banyak juga peristiwa yang dapat menghantar orang pada pertobatan itu, mulai dari peristiwa sederhana hingga yang rumit jalurnya sekalipun.

    Saudaraku, Injil hari ini mengulas tentang pertobatan yang dikehendaki oleh Yesus sendiri. Melalui perumpamaan seratus ekor domba dan satu yang tersesat, serta kepedulian Gembala yang mencarinya mengisyaratkan bahwa pertobatan meski sedikit sangat dibutuhkan dan sangat berarti. Pertama-tama, penting untuk disadari bahwa pertobatan juga berasal dari kehendak Allah dan atas inisiatif Allah, yang menjadi tanda kemurahan hati Allah bagi domba-domba-Nya agar beroleh keselamtan. Manusia berusaha mencari jejak kehendak Allah untuk meraih pertobatan. Dalam Injil juga dikisahkan bahwa sang Gembala rela meninggalkan yang 99 ekor untuk mencari seekor yang tersesat. Sukacita sang Gembala ditunjukkan dengan memanggul domba di bahunya.

    Menarik untuk kita renungkan bersama Injil hari ini. Bagaimana pun keadaan diri kita sungguh berarti di mata Allah. Meski banyak kelemahan kita dan sering ingin menjauh dari Allah, Ia tetap setia untuk selalu bersama kita. Apakah usaha saya selama ini untuk meraih pertobatan itu? Adakah dalam diri saya saat ini inisiatif untuk meraih pertobatan di hadapan Allah? Mari bermenung.

Tuhan, aku bersyukur kepada-Mu, karena Engkau sungguh peduli terhadapku domba yang sering menjauh dari-Mu. Aku mohon kepada-Mu, agar Engkau menganugerahiku kesetian untuk mencapai pertobatan seturut kehendak-Mu. Amin.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon