26 November 2015

Renungan Hari Minggu 29 November 2015

Renungan Hari Minggu 29 November 2015, Berdiri Tegak, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 29 November 2015


Berdiri Tegak


    Kapan hari kiamat akan tiba? Banyak orang atau kelompok yang sering menghubungkan peristiwa-peristiwa alam yang terjadi dengan hari kiamat. Kita tentu masih ingat peristiwa tsunami yang melanda daerah Aceh, Nias dan daerah pantai di negara lain, pertanyaan mengenai hari kiamat kembali muncul. Ada yang menganggap bahwa itu adalah awal dari hari kiamat, ada juga yang mengatakan bahwa itu adalah murka Allah kepada manusia karena tidak taat pada perintah-perintah Allah. Benarkah itu semua merupakan awal dari hari kiamat atau hanya berupa peristiwa alam saja? Tentu kita tidak dapat menyimpulkan hal itu secara cepat bahwa peristiwa tersebut merupakan awal dari hari kiamat. Kita harus berdiri tegak atau teguh supaya tidak mudah dihasut atau diguncangkan oleh hal seperti itu.

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, seruan untuk terus dan selalu berjaga-jaga, telah dikumandangkan oleh Yesus, seperti yang ada dalam bacaan Injil hari ini. Yesus meramalkan apa yang terjadi pada masa mendatang. Apa yang dikatakan oleh Yesus tidak selalu berupa hal-hal atau peristiwa yang mengerikan. Dalam pandangan Yesus, apa yang akan terjadi merupakan suatu tanda bahwa sesuatu yang mengarahkan atau menghantar pada peristiwa kedatangan-Nya Sang Juruselamat, yakni Yesus Kristus.

    Berdiri tegak dihadapan Allah, mensyaratkan agar kita menjalankan hidup dengan sewajarnya di tengah-tengah masyarakat yang semakin cepat berubah atau berkembang. Selain itu juga, kita jangan sampai kehilangan harapan akan masa depan. Yesus meneguhkan kita bahwa masa depan adalah sungguh-sungguh masa yang penuh pembebasan, penyelamatan dan penebusan. Maka, Yesus selalu meminta kita untuk terus berdoa dan melakukan aksi nyata di tengah-tengah masyarakat, supaya tetap berdiri tegak, kuat dan tidak mudah diguncangkan oleh apapun. Kita harus tetap berpegang teguh dan memperkuat pegangan kita kepada Yesus Sang Juruselamat.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon