01 November 2015

Renungan Hari Rabu 4 November 2015

Renungan Hari Rabu 4 November 2015, Gunakanlah, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Rabu 4 November 2015


Gunakanlah


    Pada hari ini, kita mendengarkan bacaan dari Injil Lukas yang berbicara tentang syarat mengikuti Yesus. Syarat mengikuti Yesus itu secara jelas mengatakan bahwa untuk menjadi murid Yesus, kita harus bisa melepaskan diri dari segala yang kita miliki (bdk. Luk 14:33).

    Mungkin bagi kita, perkataan dan syarat untuk mengikuti Yesus sangat aneh. Bagaimana orang bisa melepaskan diri dari apa yang dimiliki? Apakah itu mungkin? Atau ada maksud lain di balik pernyataan Yesus itu?
   
    Sebagai manusia, kita tentu memiliki banyak hal. Paling tidak kita memiliki keluarga, kita punya kenangan masa lalu, kita juga punya orng-orang yang kita sayangi, dan sebagainya. Semua itu tentu tidak dapat kita pungkiri begitu saja.

    Tuhan tidak serta-merta meminta kita melepaskan itu semua. Malah sebaliknya Tuhan ingin supaya kita belajar lewat berbagai hal dari yang kita miliki. Kita diajak untuk belajar menghadirkan Dia lewat apa yang kita miliki saat ini, tanpa kita harus bergantung pada apa yang kita miliki. Kita memiliki harta, namun kita tidak boleh bergantung padanya. Kita bisa menggunakan apa yang kita miliki itu untuk menghadirkan Tuhan, dengan berbagi dan menolong orang yang membutuhkan.

    Kita memiliki bakat. Tapi bakat itu diberikan bukan supaya kita sombong. Bakat itu dianugerahkan kepada Tuhan supaya kita bisa melayani-Nya lewat bakat kita dan berbagi kepada yang lain. Marilah kita menggunakan apa yang kita miliki demi kemuliaan-Nya.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon