Santo Katolik 1.0 Aplikasi Android

18 November 2015

Renungan Hari Sabtu 21 November 2015

Renungan Hari Sabtu 21 November 2015, Bangkitlah, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Sabtu 21 November 2015


Bangkitlah


    Kebangkitan itu ada. Dalam Injil hari ini, Yesus terutama berbicara tentang kebangkitan orang yang dianggap layak menerimanya: orang yang benar.

    Sebagai orang yang beriman, kita mungkin mudah saja percaya bahwa ada hidup setelah mati. Ada kebangkitan yang membahagiakan. Tetapi, percaya saja kiranya belum cukup. Ungkapan, "..tetapi mereka yang dianggap layak" menandakan bahwa urusan kebangkitan bukan sekedar urusan nanti pada saat kematian datang. Kebangkitan kelak merupakan urusan saat ini, saat masih hidup. Setiap orang dapat menilai diri sendiri: apa hidupku masuk dalam kategori orang yang layak menerima kebangkitan yang membahagiakan kelak?

    Ketika belum mati, kita mengharapkan kebangkitan kelak. Bagaimana bila saat ini pun rohani saya sudah mulai sekarat bahkan mati? Tidak sedikit orang yang hidup tetapi sebenarnya "mati" rohani dan perlu dibangkitkan. Kematian rohani itu ditandai dengan keengganan mendekat kepada Allah, Sang Hidup. Banyak hal yang membuat kematian rohani: pengalaman gagal, putus asa, ditinggalkan, dsb. Orang yang "mati" rohani sekiranya akan sulit untuk bisa hidup layak menerima kebangkitan badan kelak.

    Sebelum kita berharap akan kebangkitan yang membahagiakan kelak, terlebih dahulu kita harus bangkit dari kemungkinan "kematian" rohani. Apakah aku sedang "mati" secara rohani? Hidup memang penuh tantangan, tetapi semakin berat salib yang dipikul naka semakin besar bantuan Allah kepada manusia. Sebab, tanpa banttuan-Nya (yang terhebat ialah kesempatan hidup) kita tidak akan pernah mampu menahan beban itu barang sedetikpun.

Ya Tuhan, bangkitkanlah semangatku yang terkadang lemah bahkan mati di saat mengalami kesusahan, agar aku dimampukan untuk selalu hidup layak di hadapan-Mu. Amin.

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon