20 November 2015

Renungan Hari Senin 23 November 2015

Renungan Hari Senin 23 November 2015, Berani Berbagi, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Senin 23 November 2015


Berani Berbagi


    Pada Injil hari ini, kita menyimak cerita tentang persembahan janda miskin. Injil hari ini ingin memperlihatkan betapa Yesus mencintai orang-orang miskin. Janda miskin itu dibela-Nya kendati dia hanya memberikan persembahan dua peser. Dua peser mungkin nilainya sama dengan Rp. 500,- atau Rp. 1000,- untuk saat ini.

    Secara ekonomis si janda miskin ini memang hanya memberikan persembahan dalam nominal yang amat kecil, bahkan mungkin juga persembahan itu adalah persembahan paling kecil di antara persembahan orang-orang yang ada di situ.

    Tetapi, Yesus melihat pemberian persembahan janda miskin itu dari sisi yang lain, yaitu dari sisi kerelaan dan persembahan yang utuh dari janda miskin tadi. Janda miskin itu tidak memberikan dari kelimpahannya, melainkan dari kekurangannya.

    Refleksi bagi kita saat ini adalah bagaimana sikap kita saat ini, ketika kita berkelimpahan? Beranikah kita berbagi dan tidak menjadi orang yang serakah? Ketika kita berkekurangan, apakah kita sadar bahwa di luar sana sebenarnya masih ada banyak orang yang lebih malang nasibnya daripada kita? Apakah kita saat ini sudah bersyukur atas keadaan kita? Kemudian beranikah untuk berkata, "saudara, mari kita nikmati bersama"?


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon