15 December 2015

Renungan Hari Jumat 18 Desember 2015

Renungan Hari Jumat 18 Desember 2015, Tuhan Harapanku, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Jumat 18 Desember 2015


Tuhan Harapanku


    Israel sebagai bangsa telah mengalami kehancuran karena dikalahkan oleh bangsa asing. Dalam hal ini kerajaan Yehudda ditakhlukkan oleh kerajaan Babilonia yang kuat pada masa itu. Sebagian bangsa Israel dideportasi (dibuang) ke Babilonia. Kekalahan dan pembuangan ini adalah akibat dari kedosaan bangsa Israel. Bangsa Israel telah hancur, masih adakah harapan?

    Saat Israel mengalami pembuangan itu, nabi Yeremia menyampaikan nubuat pengharapan kepada bangsa Israel. Pengharapan itu berupa janji mengenai akan tumbuhnya Tunas Daud. Tunas Daud yang benar akan datang. Kedatangan Tunas Daud ini bukanlah upaya bangsa Israel. Pada masa pemerintahan-Nya Israel yang telah hancur akan diperbaiki kembali. Inilah yang disebut janji mesianis (mengenai kedatangan Mesias).

    Yesus adalah Mesias (penyelamat). Dialah penggenapan janji Allah yang akan menyelamatkan manusia. Kelahiran-Nya adalah hal ajaib (Maria mengandung oleh kuasa Roh Kudus). Maka tidak heranlah jika Yusuf bingung dan ragu ketika calon isterinya telah mengandung. Namun, Allah menyapa Yusuf melalui mimpi, sehingga Yusuf pun yakin dan percaya serta melaksanakan apa yang dikehendaki Allah.

    Dalam hidup ini, pastilah ada orang (mungkin kita juga) putus harapan. Janganlah kita takut. Mari kita terbuka terhadap percikan-percikan harapan yang Allah berikan dalam hidup ini.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon