22 December 2015

Renungan Hari Jumat 25 Desember 2015

Renungan Hari Jumat 25 Desember 2015, Sungguhkah Natal?, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Jumat 25 Desember 2015


Sungguhkah Natal?


    Saya mengajak kita semua untuk mendengarkan, menyanyikan, dan merenungkan lagu dalam suasana doa: "Malam kudus.. Sunyi senyap .." (dan seterusnya).

    Umat Allah yang terkasih, selamat merayakan Hari Kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus. Saya yakin, sudah banyak yang kita persiapkan untuk menyambut hari raya ini. Kita mempersiapkan aneka kue dan makanan untuk para saudara, kerabat, dan tetangga yang akan bertamu (bersilahturahmi). Kita juga mempersiapkan pakaian baru untuk merayakan Malan Natal dan Misa Natal pada keesokan harinya di gereja. Selain kedua hal tadi, tentu banyak hal lain yang telah kita persiapkan. Namun, boleh kiranya kita bertanya diri, "Dari segala persiapan itu, sudahkah saya mempersiapkan hati, pikiran, kehendak, kekuatan, dan diri untuk menyambut Tuhan yang lahir di dunia? Apakah saya sudah membarui diri, mengoreksi segala kesalahan dan kegagalan, serta siap menjadi manusia baru?"

    Peristiwa Natal adalah peristiwa kelahiran Tuhan kita Yesus Kristus di dunia. Dialah Sang Penyelamat yang dinantikan oleh semua orang beriman. Peristiwa Natal yang kita peringati ini bukan sekedar peristiwa memorial yang penuh dengan seremonial. Namun, peristiwa ini adalah peristiwa iman yang mengundang kita untuk merayakannya bersama para malaikat di surga. Dalam perayaan itu, Allah membuka tangan-Nya dan memanggil kita untuk masuk dalam dekapan kasih-Nya. Dalam dekapan kasih Allah itu, kita dibarui dan disembuhkan dari segala kegagalan, luka-luka batin, kejatuhan, keberdosaan, dan aneka hal buruk lain yang membuat kita merasa diasingkan dan makin terpuruk. Setelah Allah menyembuhkan dan membarui diri kita, Ia mengutus kita kembali untuk berkarya di tengah dunia mewartakan keselamatan Allah melalui hidup sehari-hari. Mari bertanya diri, "Sungguhkah saya benar-benar merayakan Natal?" Selamat bermenung.

SELAMAT NATAL 2015 dan TAHUN BARU 2016


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon