14 December 2015

Renungan Hari Kamis 17 Desember 2015

Renungan Hari Kamis 17 Desember 2015, Menjadi Alat-Nya, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 17 Desember 2015


Menjadi Alat-Nya


    Gereja Katolik memberikan kesempatan kepada calon keluarga baru dengan berbagai persiapan. Salah satu persiapan itu adalah penyelidikan kanonik. Dalam penyelidikan itu peyalan pastoral, yaitu seorang imam akan melihat silsilah keluarga dari kedua calon mempelai. Silsilah keluarga sangatlah penting dalam sebuah keluarga besar. Pentingnya mengetahui silsilah keluarga bukan dirasakan hanya pada zaman ini saja. Pada zaman Yesus pun silsilah keluarga sangat diperlukan. Bahkan Injil hari ini menunjukkan silsilah Yesus Kristus mulai dari Abraham sampai pada Yusuf, suami Maria yang melahirkan Yesus.

    Silsilah Yesus kristus hanya terdapat di Injil Matius dan Lukas. Jika kita melihat dengan teliti, dalam silsilah itu terdapat 5 perempuan yaitu Tamar, Rahab, Rut, Betseba (istri Uria), dan MAria. Silsilah seperti ini tidak lazim digunakan oleh bangsa Yahudi. bahkan sangat jarang untuk menempatkan perempuan dalam sebuah silsilah. Para ahli Kitab Suci melihat bahwa perempuan-perempuan ini memainkan rencana penyelenggaraan Ilahi. Allah tidak memperhitungkan dosa mereka.

    Saudara-saudari yang terkasih, bacaan Injil hari ini mengingatkan kita akan kasih Allah yang menggunakan semua orang untuk menjadi alat-Nya. Baik laki-laki maupun perempuan, semua digunakan oleh Allah untuk membagikan kasih-Nya kepada semua orang. Bagaimana dengan diri kita? Sadarkah kita akan hal itu? Selamat bermenung


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon