10 December 2015

Renungan Hari Minggu 13 Desember 2015

Renungan Hari Minggu 13 Desember 2015, Bertobatlah dalam Perbuatan-Perbuatanmu, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 13 Desember 2015


Bertobatlah dalam Perbuatan-Perbuatanmu


    Alangkah bahagianya kalau nasihat kita didengarkan orang, tetapi yang paling membahagiakan adalah kalau melalui nasihat kita, Tuhan mengubah orang menjadi baik! Itulah yang diharapkan oleh Yohanes Pembaptis, agar semua orang berubah menjadi baik dan siap menyambut Kristus, Sang Juruselamat dunia.

    Orang banyak mulai tergerak hatinya untuk mengubah hidupnya. Mereka sangat merindukan Sang Almasih, yang menjanjikan langit dan bumi yang baru. Mereka sangat mengharapkan perubahan dari hidup yang penuh dengan permusuhan menjadi damai sejahtera, dan penindasan menjadi kemerdekaan anak-anak Allah. Maka muncul pertanyaan yang sangat menarik, "Jika demikian, apakah yang harus kami perbuat?"

    Pertobatan menghasilkan hidup baru, bukan hanya dalam sikap batin tetapi dinampakkan dalam perbuatan-perbuatan yang nyata. Jawaban Yohanes sangat jelas dan gamblang; kita diajak untuk memperlakukan orang lain sebagai saudara dengan penuh kasih. Memiliki kepedulian terhadap orang di sekitar kita, terutama yang kekurangan dan mengulurkan bantuan bagi yang membutuhkan. Bagi orang yang berhutang kepada kita, jangan memanfaatkan kelemahan orang lain dengan malah memeras.

    Senua itu dilakukan untuk mempersiapkan kedatangan Kristus, Sang Almasih yang sesungguhnya sudah hadir di tengah-tengah kita. Dia yang Mahakuasa telah datang, 'membuka tali kasut-Nya pun aku tidak layak', kata Yohanes Pembaptis. Dia datang menawarkan keselamatan kepada kita. Siapa yang mendengarkan dan bertobat akan beroleh keselamatan, tetapi barangsiapa menolak-Nya, dia akan jauh dari kehidupan damai.

    Marilah kita siapkan kedatangan Yesus Kristus dengan hati yang bersih, hati yyang penuh kerinduan untuk pembaruan hidup. Hidup yang penuh kasih satu sama yang lain. Dia yang Maha Tinggi telah datang melawati kita.



BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon