27 December 2015

Renungan Hari Rabu 30 Desember 2015

Renungan Hari Rabu 30 Desember 2015, Akar dan Sayap, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Rabu 30 Desember 2015


Akar dan Sayap


    Saat saya memberikan retret untuk anak SMA, salah satu tema yang saya sampaikan adalah "Akar dan Sayap". Kita tahu bahwa akar membuat pohon atau tanaman dapat melangsungkan kehidupan, tumbuh dan mampu bertahan lama, karena selalu mencari sumber makanan sebagai penopang hidup tanaman atau pohon. Akar yang kuat, tentu saja tanaman juga akan berdiri kuat. Sedangkan sayap sangat khas dengan hewan yang dapat terbang, bisa mengamati banyak hal dari atas, mampu melihat banyak arah dan hinggap di tempat yang tepat. Akar dan sayap memang sangat berguna bagi tumbuhan dan hewan demi kelangsungan hidup mereka menuju masa depan.

    Dalam Injil hari ini, Yusuf dan Maria mengikuti tradisi yang sesuai dengan hukum Tuhan. Mereka mengikuti dan melakukan tradisi tersebut bersama Yesus, supaya tertanam dalam diri Yesus segala bentuk tradisi Yahudi, mereka bertemu dengan Hana seorang nabi perempuan tua yang setia menghidupi tradisi Yahudi dengan baik.

    Bapak, ibu serta saudara-saudari yang terkasih, kita sering berbicara tentang kebiasaan atau habitus baru, namun seirngkali juga lupa pada kebiasaan lama yang sudah menjadi tradisi dan mempunyai nilai yang sudah teruji. Perubahan memang harus ditelusuri, namun jika tidak memiliki dasar atau landasan yang kuat, tentu akan membuat seseorang menjadi gelisah bahkan menjadi putus asa. Setiap manusia tentu memiliki pandangan yang luas, baru, berani melangkah maju dan berusaha untuk tidak ketinggalan. Marilah kita memperkuat akar dan sayap kita, agar tidak mudah jatuh atau patah dalam melakukan pencarian setiap harinya.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon