18 January 2016

Renungan Hari Kamis 21 Januari 2016

Renungan Hari Kamis 21 Januari 2016, Yang Penting Terkenal, Renungan Harian, Santo Katolik Dot ComRenungan Hari Kamis 21 Januari 2016

Yang Penting Terkenal

    Suatu hari saya berjumpa dengan seorang gadis kecil berumur 6 tahun di sebuah stasi Gereja Kedaton. Saya bertanya apa cita-citanya. Saya tersenyum sendiri saat ia menjawab, "Jadi apa aja boleh yang penting terkenal." Saya ingat pengalaman itu karena membaca liturgi hari ini.

    Seperti Daud yang secara perlahan-lahan naik daun atau terkenal. Yesus pun dalam bacaan Injil mulai diketahui banyak orang bahkan diikuti kemana ia melangkah. Orang kudus yang kita peringati hari ini pun seorang gadis yang sangat populer di kalangan pemuda karena kecantikannya. Kelihatannya enak sekali menjadi populer. Kita dipuja-puja, dikagumi banyak orang. Namun, apa betul menjadi terkenal itu selalu enak?

    Tak selamanya populer itu menyenangkan. Daud hampir saja dibunuh oleh Saul hanya karena ia menjadi semakin terkenal. Yesus sampai harus meminta murid-Nya menyediakan perahu agar Ia tidak terhimpit oleh orang banyak yang berkumpul. bahkan, Santa Agnes harus menumpahkan darah kematiannya justru karena kepopulerannya.

    Semakin kita terkenal (dibidang apapun), kemungkinan semakin banyak orang yang kurang senang atau iri. Bukan tidak mungkin di tengah keterkenalan kita, iman kita kepada Allah terhimpit oleh mereka yang memuji maupun mencela. Pertanyaannya, mampukah kita bertahan tetap setia kepada Allah meski kita sudah sukses dalam hidup kita? Atau beranikah kita menjadi tidak terkenal demi tetap setia kepada Allah?

    Bagaimanapun kehidupan kita (populer atau biasa saja), yang perlu diteladani ialah keteguhan hati Daud dan Santa Agnes yang tetap setia kepada Allah.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon