25 January 2016

Renungan Hari Kamis 28 Januari 2016

Renungan Hari Kamis 28 Januari 2016, Bercocok Tanam, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 28 Januari 2016


Bercocok Tanam


    Bercocok tanam, tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Setidaknya kita telah melihat cara seseorang yang menyemai tanaman tertentu. bahkan di sekitar kita banyak orang yang bekerja sebagai petani. kehidupan pertanian dapat kita jumpai hampir di setiap provinsi di negara kita. Selain itu hampir di setiap media informasi juga meliput kegiatan-kegiatan para petani. Pengalaman ini dapat membantu kita untuk mengerti kedua perumpamaan yang dibacakan hari ini.

    Situasi sosial yang dihadapi Yesus dalam Injil hari ini adalah sekitar dunia pertanian. pada saat Yesus mengajar mereka, Ia menggunakan metode yang sesuai dengan situasi yang dialami dan dihidupi oleh orang-orang itu. namun metode lain digunakan oleh Yesus ketika Ia mengajar para murid. Berhadapan dengan para petani, Yesus mengumpamakan Kerajaan Allah itu seumpama orang yang menaburkan benih dan juga biji sesawi. Ditekankan di sini adalah Kerajaan Allah yang memberikan kegembiraan bagi orang yang tinggal di dalamnya. Allah yang mengatur segalanya. Namun dibutuhkan tindakkan seseorang untuk mewujudkan imannya.

    Para Saudara, kita telah diberikan anugerah yang sangat besar yaitu kehidupan. Kita juga yakin bahwa kehidupan itu berasal dari Allah. Bagaimana caranya?  Allah mengetahui seperti Ia mengetahui tumbuhnya tanam-tanaman. Dengan itu kita diajak untuk berpartisipasi atas karya Allah. Kita diundang untuk menghadirkan suasana Kerajaan Allah di lingkungan kita. Mampukah kita? Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon