28 January 2016

Renungan Hari Minggu 31 Januari 2016

Renungan Hari Minggu 3! Januari 2016, Keselamatan, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Minggu 31 Januari 2016


Keselamatan


    Saudara-saudari terkasih, Injil hari ini merupakan lanjutan dari bacaan Minggu sebelumnya. Ada ironi yang terjadi dalam keutuhan Injil ini. Setelah Yesus membaca Kitab Nabi Yesaya, semua orang yang hadir di situ terkagum-kagum (bdk. ay 20-22a). anehnya, mereka juga yang mengusir Yesus dari rumah ibadat itu.

    Yesus hadir di situ, membaca Kitab suci dan melakukan pengajaran (ay 21). Yesus mengetahui isi hati mereka (ay 23), maka Ia akan memberikan yang terbaik bagi mereka, yaitu menyadarkan bahwa mereka harus ikut serta dalam tugas pewartaan kerajaan Allah. Namun, Ia diusir dan malahan melakukan begitu banyak mukjizat di dearah-daerah lain.

    Orang-orang sekampung Yesus atau yang berada di rumah ibadat itu menganggap dirinya layak menerima keselamatan, dan tidak membutuhkannya! Sebenarnya disadari atau tidak, inilah sikap (penyakit) yang sering hinggap pada diri kita, umat beriman. Saya layak menerima keselamatan, karena saya memang umat-Nya. Ada dua sikap disini, pertama saya layak menerima keselamatan, karena saya sudah dan selalu berusaha. Atau kedua saya layak, karena memang saya yang harus menerima keselamatan. Jika kita termasuk yang pertama, kita bisa merefleksikan kekuatan Allah yang memungkinkan kita untuk berusaha mencapai keselamatan. Jika kita termasuk yang kedua, marilah kita membuka hati untuk melaksanakan pertobatan.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon