03 January 2016

Renungan Hari Rabu 6 Januari 2016

Renungan Hari Rabu 6 Januari 2016, Berdoa dan Berjuanglah Supaya Selamat, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Rabu 6 Januari 2016


Berdoa dan Berjuanglah Supaya Selamat


    Para murid menaiki perahu dan menyeberangi danau menuju Betsaida. Di tengah danau, perahu mereka dihadang oleh angin sakal. Pada saat para murid sedang berjuang melawan angin sakal, Yesus datang dan ketika Yesus naik ke atas perahu angin sakal pun reda.

    Saudara-saudari terkasih dalam iman, kisah dalam Injil tentang perjuangan para murid menghadapi angin sakal merupakan gambaran perjuangan kita orang-orang Katolik dalam menghayati hidup dan iman pada zaman ini. Perjalanan hidup kita sebagai pengikut Kristus baik dalam keluarga, umat di stasi atau paroki, seperti para murid yang menaiki perahu untuk menyeberangi danau. Perahu diibaratkan sebagai "iman". Danau diibaratkan sebagai dunia atau zaman di mana kita hidup sekarang. Sementara angin sakal diibaratkan sebagai tantangan yang harus kita hadapi baik dalam menjalani hidup maupun dalam menghayati iman.

    Perjalanan kitta menyeberangi danau terkadang atau bahkan pasti tidak selalu berjalan lancar begitu saja. Angin sakal atau tantangan dari dalam dan luar diri (kesombongan, ketikpedulian, kejenuhan, irihati, kejahatan dll} akan datang secara tiba-tiba dan menghantam perahu kita. Akibatnya hidup kita terasa berat dan iman mudah goyah, bahkan bisa saja perahu (iman) kita hancur sehingga kita tenggelam dan hanyut terbawa arus air danau yang ingin kita seberangi.

    Marilah kita berdoa seperti Yesus yang berdoa (ayat 46). Mohonlah supaya diberikan kekuatan untuk melawan angin sakal di dalam dan luar diri kita. Selain berdoa mari berjuang untuk semakin menghidupi dan menghayati iman dengan lebih baik. Supaya Yesus sungguh hadir di tengah-tengah kita sehingga kita mampu menyeberangi danau dan sampai di seberang dengan selamat.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon