20 January 2016

Renungan Hari Sabtu 23 Januari 2016

Renungan Hari Sabtu 23 Januari 2016, Tidak Waras, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com
Renungan Hari Sabtu 23 Januari 2016

Tidak Waras

    "Kamu ingin menjadi imam? Berarti kamu tidak menikah." tanya seseorang kepada saya. Saya belum sempat menjawab, ia langsung berkata "saya tidak mengerti apa yang kamu lakukan, di zaman seperti in masih ada orang tidak mau menikahh untuk pelayanan kepada Tuhan, sungguh tidak masuk akal." Setiap budaya ataupun suku bangsa memiliki adat istiadat atau norma yang menjadi pedoman dalam bertindak. Jika aturan-aturan itu dilanggar maka ia akan dikenai sanksi hukuman; dikucilkan dari masyarakat, di pasung ataupun dianggap tidak waras/gila. Norma-norma dunia menjadi ukuran bagi setiap orang dalam bertindak. Akan tetapi bagaimana yang terjadi jika norma yang dipakai seseorang dalam bertindak tidak berasal dari dunia ini? Norma yang dipakai adalah norma surgawi yang berasal dari Allah.

    Dalam Injil hari ini dikisahkan bahwa Yesus dikira tidak waras lagi oleh keluarganya. Yesus sibuk melayani orang-orang sehingga Ia tidak sempat untuk makan. Sungguh pelayanan yang luar biasa. Norma yang dipakai Yesus mau menunjukan bahwa Ia bukan berasal dari dunia ini. Ia berasal dari Bapa di surga. Oleh sebab itu norma surgawi lebih penting daripada norma dunia, meskipun Ia tinggal di dunia. Pelayanan lebih penting daripada segalanya. Bagi Yesus pelayanan adalah yang utama dalam hidup-Nya.

    Bertindak sesuai dengan rencana Tuhan, berarti harus siap untuk tidak mudah dimengerti oleh orang lain. oleh sebab itu jangan kita merasa heran ataupun putus asa melayani Tuhan ketika orang lain tidak mengerti dengan apa yang kita lakukan. Apapun yang kita lakukan untuk Tuhan pertama-tama ialah untuk menyenangkan hati tuhan. Meskipun orang lain tidak mengerti dengan apa yang kita lakukan, tetaplah berkembang dalam kasih Tuhan.

Lentera Batin

BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon