15 January 2016

Renungan Hari Senin 18 Januari 2016

Renungan Hari Senin 18 Januari 2016, Bingung, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Senin 18 Januari 2016


Bingung


    Pernahkah saudara berada dalam situasi kebingungan? Rasa "bingung" seseorang atau dalam kata lain "penasaran" menggerakkan hati seseorang untuk mendapat jawaban dari kebingungannya. Seseorang akan merasa puas jika kebingungannya dapat diredakan setelah ia mendapat jawaban. Sebaliknya, kebingungan itu akan tetap tinggal dalam diri, jika orang tersebut tidak mendapat jawaban yang pasti.

    Bingung! Seperti dalam Injil hari ini, orang-orang yang ada di sekitar Yesus menunjukkan kebingungannya atas tindakanmurid-murid Yohanees dan murid-murid Yesus. Sangatlah wajar apabila mereka bingung, pasalnya pada saat itu murid-murid Yohanes dan orang-orang Farisi melaksanakan puasa sedangkan murid-murid Yesus tidak berpuasa. situasi ini menggerakkan hati mereka untuk mengajukan pertanyaan kepada Yesus. Mereka ingin mendapat kepastian dari Yesus. Yesus pun menjelaskan cara baru dan makna baru tentang berpuasa. Jawaban Yesus dijelaskan dengan perumpamaan pengantin laki-laki, baju tua dan kantong anggur yang tua. Lebih-lebih bagi pembaca saat ini, puasa dipandang sebagai bentuk pengharapan dan kegembiraan dalam diri Yesus. Selain itu kedua perumpamaan terakhir (tentang kain dan kantong anggur), mengajak para murid Yesus untuk meninggalkan kebiasaan lama yang salah.

    Para saudara, dalam kebingungan kita diingatkan untuk minta petunjuk kepada Allah. Karena Dialah sumber pengetahuan dan kebijaksanaan sejati. Sembari kita mohon petunjuk dari Allah atas diri kita, selama satu minggu ini (mulai tanggal 18), kita diajak untuk berdoa bagi persekutuan umat Kristen . Minggu ini Gereja menetapkan sebagai pekan doa sedunia untuk persekutuan umat Kristen. Kita diharapkan untuk mendoakan ujud khususnya. Mari para saudara, kita tetap mengandalkan Kristus juga memohon berkat-Nya bagi persekutuan umat Kristen.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon