16 February 2016

Renungan Hari Kamis 18 Februari 2016

Renungan Hari Kamis 18 Februari 2016, Relasi yang sehat, Renungan Harian, Santo Katolik Dot Com

Renungan Hari Kamis 18 Februari 2016


Relasi yang sehat


    Kita sering mendengar ungkapan yang mengatakan, "jangan memukul orang lain, jika tidak mau dipukul". Ungkapan lain yang senada dengan ungkapan itu adalah, "jangan berbuat jahat jika tidak mau diperlakukan demikian". Ungkapan tersebut dapat menggugah hati banyak orang yang mendengarnya, sebab langsung memberikan larangan bagi pribadi yang diajak bicara dalam menjalani relasi dengan orang lain. Apakah ungkapan itu mudah untuk dilakukan? Pastilah banyak perjuangan yang harus dilakukan agar sungguh menjadi kebiasaan dalam berelasi. Terkadang orang mengalami jatuh bangun, namun ada juga yang dengan ketekunan menghayati ungkapan tersebut.

    Para saudara seiman, pada Injil hari ini Yesus memberikan ungkapan yang tidak jauh berbeda dengan ungkapan di atas. Namun pewartaan Yesus mempunyai kekhasan. Apa kekhasannya? Kekhasan nubuat yang disampaikan Yesus terletak pada cara penyampaian ungkapan tersebut terhadap orang yang dihadapi-Nya. Yesus menggunakan nada positif untuk menyampaikan ungkapan tersebut. "Segala sesuatu yang kamu kehendaki supaya orang perbuat kepadamu, perbuatlah demikian juga kepada mereka" (ay 12). Ungkapan Yesus ini hendaknya menggugah para pendengar untuk merenungkan arti terdalam dari ungkapan tersebut. Ungkapan Yesus memberikan contoh konkrit yang dapat dilakukan oleh semua orang, baik untuk anak-anak, orang muda, bapak-ibu, maupunkakek dan nenek. Ungkapan ini ditujukan untuk semua orang.

    Saudara-saudari yang terkasih, ungkapan Yesus hari ini mengajak kita untuk menjalin relasi yang sehat kepada semua orang. jika kita ingin orang lain menghormati kita, maka kita juga harus menghormati orang lain. Kita diajak untuk melakukan hal-hal kecil yang membantu kita untuk berelasi dengan positif kepada semua orang. mampukah kita melakukan apa yang telah disampaikan oleh Yesus pada hari ini? Selamat bermenung.


BERI KOMENTAR

Silahkan beri komentar dengan bijak
EmoticonEmoticon